Ini Dia Klasifikasi Ilmiah dari Tanaman Kopi

Ingin tahu klasifikasi ilmiah dari tanaman kopi? Kopi merupakan tumbuhan penghasil biji kopi yang lumrah dibuat menjadi minuman. Saat ini kopi dibudidayakan oleh lebih dari 50 negara sehingga otomatis menjadikannya sebagai komoditas penting di dunia. Terdapat empat macam varietas kopi yang terpopuler antara lain kopi arabika (Coffea arabica), kopi robusta (Coffea canephora), kopi liberika (Coffea liberica), dan kopi excelsa (Coffea dewevrei).

klasifikasi-tanaman-kopi.jpg

Kopi

Kata kopi berasal dari bahasa arab yaitu qahwah yang berarti kekuatan. Hal ini didasarkan pada manfaat kopi yang bisa berfungsi sebagai minuman yang kaya energi. Berikutnya kata qahwah mendapat pengaruh dari Turki sehingga sebutan tanaman ini menjadi kahveh. Sedangkan orang-orang Belanda menyebutnya sebagai koffie. Akhirnya kata koffie inilah yang diserap ke dalam bahasa indonesia menjadi kopi.

Tahukah anda, proses pengolahan biji kopi hingga siap diminum memerlukan serangkaian tahapan yang panjang. Pertama, biji-biji kopi yang telah matang dipanen menggunakan tangan atau mesin. Kemudian kopi tersebut dikeringkan sebelum dibuat menjadi kopi gelondong. Setelah itu kopi disangrai di atas api dengan derajat panas tertentu. Terakhir biji-biji kopi ini digiling sehingga berbentuk bubuk halus dan siap diseduh.

Kembali ke topi awal, berikut ini klasifikasi ilmiah dari tanaman kopi :

Kerajaan : Plantae
Ordo : Gentianales
Famili : Rubiaceae
Upafamili : Ixoroideae
Bangsa : Coffeeae
Genus : Coffea

Perlu diketahui, keluarga Rubiaceae adalah pohon perdu yang berbunga. Ciri-cirinya antara lain berbentuk perdu, memiliki daun yang bersilang atau berhadapan, bunga tumbuh di ketiak dahan, mempunyai kelamin ganda, dan bijinya berkeping dua. Sebagai besar tanaman di keluarga ini termasuk tumbuhan penghasil alkaloid yang penting. Di samping kopi, tumbuh-tumbuhan yang ada di dalam keluarga Rubiaceane yakni kinina, gambir, soka, dan mengkudu.

0 Response to "Ini Dia Klasifikasi Ilmiah dari Tanaman Kopi"

Posting Komentar