Macam-macam Kopi yang Wajib Anda Ketahui

Tahukah anda, ada bermacam-macam kopi yang dibudidayakan di Indonesia. Di antaranya yaitu kopi arabika, kopi robusta, kopi liberika, dan kopi excelsa. Dari keempat jenis kopi ini, kopi arabika dan kopi robusta masih mendominasi khasanah budidaya tanaman kopi di Nusantara. Sedangkan kopi excelsa adalah jenis kopi terbaru yang mulai dikembangkan oleh para petani karena memiliki tingkat produktifitas yang tinggi.
Kopi adalah tanaman komoditas dari Indonesia yang sudah lama dibudidayakan. Saat ini tercatat Indonesia sebagai negara penghasil kopi nomor empat terbesar di dunia. Kebun kopi di Nusantara tersebar di hampir seluruh pelosok negeri ini.

Setidaknya terdapat empat macam kopi yang mempunyai nilai ekonomis sehingga bisa diperjualbelikan antara lain kopi arabika, kopi robusta, kopi liberika, dan kopi excelsa. Di bawah ini penjelasan dari masing-masing jenis kopi tersebut!
Kopi Arabika (Coffee Arabica)
Kopi arabika dinilai sebagai kopi yang dapat menghasilkan minuman kopi paling mantap. Ciri-ciri kopi ini yaitu memiliki biji yang berukuran relatif kecil, mengandung kafein yang rendah, serta rasa dan aromanya pun nikmat. Tidak heran harga kopi arabika ini paling mahal. Beberapa varietas unggulan dari kopi arabika meliputi kopi kolumbia, kopi guatemala, kopi ethiopia, kopi hawai, kopi jamaika, kopi jawa, kopi sumatera, dan kopi sulawesi.
Kopi Robusta (Coffee Cannephora)
Kopi robusta adalah kopi yang paling banyak dibudidayakan oleh para petani di Indonesia karena mudah ditanam di dataran rendah dan dataran tinggi. Karakteristik kopi robusta memiliki biji berukuran besar, bentuk bijinya oval, mengandung kafein yang tinggi, dan aromanya cenderung halus. Perlu diketahui bahan utama kopi luwak terbuat dari kopi robusta ini.
Kopi Liberika (Coffee Liberica)
Dinamakan kopi liberika sebab kopi ini berasal dari Liberia, Afrika Barat. Kekhasan dari tanaman kopi ini bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 9 meter. Selain itu, kopi liberika juga dapat tumbuh di sembarang tempat dan mampu menghasilkan buah di sepanjang tahun. Sayangnya, ukuran buah kopi liberika berbeda-beda dengan kualitas yang relatif rendah. Ardoniana dan durvei merupakan dua varietas kopi liberika yang banyak dipelihara.
Kopi Excelsa (Coffee Dewevrei)
Kepopuleran kopi excelsa di Indonesia tergolong sangat rendah. Daerah utama yang menjadi penghasil kopi ini ialah Tanjung Jabung Barat, Jambi. Kopi excelsa memiliki aroma yang kuat dengan citarasa yang pahit, bijinya berukuran besar, dapat berbuah sepanjang tahun, relatif gampang dipelihara, serta cukup tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Kelebihan lainnya yaitu kopi excelsa juga dapat tumbuh dengan baik di tanah yang gambut.

0 Response to "Macam-macam Kopi yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar