Tips-tips Budidaya Menanam Kopi Secara Organik

Bagaimana tips menanam kopi secara organik? Budidaya kopi saat ini lebih disukai dengan menggunakan metode organik. Salah satu alasannya yaitu nilai jual kopi yang ditanam secara organik ini lebih mahal. Hal ini karena kopi organik diklaim lebih sehat serta memiliki citarasa dan aroma yang lebih mantap.

tips-menanam-kopi-organik.jpg

Tanaman Kopi

Pada prinsipnya, menanam kopi secara organik harus didasarkan pada kaidah-kaidah yang berlaku. Aturan ini meliputi hal-hal yang boleh dilakukan dan dilarang selama proses budidaya kopi, termasuk persyaratan alat dan bahan. Berikut ini penjelasan selengkapnya dari Kopinian untuk anda!

Menentukan Lokasi yang Ideal

Lokasi ideal untuk penanaman kopi organik adalah lahan yang masih suci. Maksudnya lahan tersebut belum pernah terkontaminasi oleh penggunaan pupuk kimia maupun obat-obatan pemberantas hama dan penyakit. Penting dicatat bahwa pembukaan lahan baru ini harus bersifat ramah lingkungan dan tidak mengganggu keseimbangan alam. Anda bisa membaca artikel syarat-syarat tumbuh tanaman kopi untuk mengetahui kriteria-kriteria lahan yang cocok. Budidaya kopi bisa dilakukan di tempat terbuka atau di dalam rumah kaca.

Penggunaan Pupuk Kandang dan Pupuk Kompos

Selama pemeliharaan tanaman kopi, pantang bagi anda untuk menggunakan pupuk-pupuk kimia di kebun kopi organik. Pupuk yang dipakai harus didapatkan dari alam seperti pupuk kandang dari kotoran hewan dan pupuk kompos dari sampah tumbuhan. Peningkatan pemberian gizi bisa dilakukan dengan memberikan mineral-mineral alami seperti batu fosfat, kapur dolomit, dan sebagainya. Sebelum ditaburkan ke lahan kopi, pupuk organik wajib melalui proses dekomposisi terlebih dahulu.

Pemakaian Bibit-bibit yang Organik

Namanya juga budidaya organik, bibit-bibit kopi yang dipakai pun harus berasal dari pembibitan secara organik pula. Sayangnya, cukup sulit menemukan bibit kopi organik ini karena bibit-bibit yang banyak dijual di pasaran umumnya dikembangbiakan melalui metode konvensional. Oleh karena itu, disarankan bagi anda untuk menumbuhkan benih kopi sendiri agar didapatkan bibit tanaman kopi organik yang bersifat murni.

Pemeliharaan Tanpa Bantuan Bahan Kimia

Tahap pemeliharaan tanaman-tanaman kopi juga mesti bersih dari penggunaan bahan-bahan kimia apapun. Begitu pula dengan penyiramannya, air yang digunakan wajib bersih. Dianjurkan pula untuk menggunakan varietas kopi yang memiliki ketahanan tinggi terhadap hama dan penyakit.

0 Response to "Tips-tips Budidaya Menanam Kopi Secara Organik"

Posting Komentar