Nih, Cara Membuat Kopi Rasa Jahe yang Nikmat

Kopi rasa jahe memang paling mantap diminum selagi hangat ketika musim hujan seperti sekarang. Rasa kopi yang nikmat berpadu dengan aroma jahe yang semerbak wangi seketika akan mengembalikan stamina tubuh kita. Apalagi jikalau ditemani dengan sepiring gorengan yang masih panas. Hm, sedap nian!
Pembuatan kopi jahe membutuhkan trik khusus agar kombinasi rasa kopi dan jahe berpadu dengan pas. Jangan sampai minuman tersebut terasa kopi saja atau jahe saja. Nah biar lebih jelasnya, yuk bikin kopi jahe ala Kopinian berikut ini!

Alat dan Bahan :
  • 1 sdm kopi bubuk
  • 1 ruas jahe emprit
  • 1 batang kayu manis
  • gula jawa secukupnya
  • air secukupnya
  • cangkir
Langkah-langkah :
  1. Bakar jahe di atas bara api sampai matang kemudian bersihkan kulitnya. Geprek jahe tersebut secara kasar lalu masukkan ke cangkir.
  2. Taburkan bubuk kopi ke dalam cangkir. Berikutnya aduk-aduk supaya kedua bahan tersebut tercampur rata.
  3. Rebuslah air di dalam panci. Setelah hangat, ambil 3 sdm air hangat ini dan masukkan ke cangkir, kemudian aduk rata. Teruskan memanaskan air hingga mendidih.
  4. Setelah air mendidih, masukkan kayu manis dan gula jawa ke dalam panci berisi rebusan air tersebut. Aduklah panci sehingga gula jawa mencair dan kayu manis mengeluarkan wangi yang khas.
  5. Tuangkan air mendidih ini ke dalam cangkir, lalu aduk kembali sampai merata. Sebelum disajikan, saringlah terlebih dahulu untuk memisahkan ampas dari air kopi jahe.
  6. Kini secangkir minuman kopi jahe pun siap untuk dinikmati. Selamat mencobanya.

0 Response to "Nih, Cara Membuat Kopi Rasa Jahe yang Nikmat"

Posting Komentar