Tipe-tipe Penyerbukan Bunga Tanaman Kopi

Penyerbukan ialah peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik suatu bunga. Pada tanaman kopi, penyerbukan bunga terjadi secara alami baik dengan bantuan serangga (zoidiogami), air (hidrogami), maupun angin (anemogami). Lantas pertanyaannya, apakah tipe penyerbukan pada tanaman kopi?

tipe-penyerbukan-bunga-kopi.jpg

Bunga Kopi

Bunga ini dapat mengeluarkan aroma wangi yang semerbak. Bunga-bunga ini tumbuh di ketiak daun tanaman, di mana setiap ketiak daun yang sudah pernah menghasilkan bunga tidak akan berbunga lagi. Namun karena cabang primer terus mengalami pertumbuhan dan membentuk daun baru, maka bunga pun dapat terus dihasilkan oleh tanaman kopi.

Tanamanan kopi yang dipelihara dengan tepat sanggup menghasilkan puluhan bunga sekaligus pada suatu musim. Bunga ini tersebar di beberapa ketiak daun yang masing-masing terdiri atas 8-18 kuntum bunga. Jadi dalam setiap buku tanaman dapat dihasilkan 16-36 kuntum bunga kopi.

Bunga kopi berukuran 1-3 cm dengan mahkota berwarna putih dan kelopak berkelir putih kehijauan. Jumlah benang sarinya rata-rata mencapai 5-7 tangkai dan berukuran relatif pendek. Sedangkan pangkal bunga kopi menutupi bakal buah yang berisi dua bakal biji.

Ketika usia bunga sudah cukup dewasa, secara alami bagian mahkota dan kelopak bunga tersebut lambat-laun akan membuka. Kemudian terjadilah peristiwa penyerbukan, di mana tepung sari jatuh ke putik, yang dibantu oleh serangga, air, atau angin. Setelah proses penyerbukan ini berhasil, mahkota bunga akan mengering dan berguguran. Selanjutnya bakal buah pun akan tumbuh menjadi buah kopi yang berwarna hijau dan semakin membesar. Seiring berjalannya waktu, buah kopi akan matang yang ditandai dengan perubahan warna menjadi kuning ke merah pekat.

Pada umumnya, tanaman kopi akan berbunga di saat awal musim kemarau. Waktu rata-rata yang dibutuhkan bunga kopi untuk berkembang menjadi buah berkisar antara 6-11 bulan, di mana bunga kopi robusta membutuhkan 8-11 bulan dan bunga kopi arabika memerlukan 6-8 bulan. Dengan demikian, bunga kopi tersebut sudah berubah menjadi buah-buah kopi siap panen di saat akhir musim kemarau.

Terdapat dua macam tipe penyerbukan bunga pada tanaman kopi yaitu self steril dan self fertil. Yang dimaksud tipe penyerbukan self steril adalah penyerbukan yang terjadi secara silang, di mana tepung sari berasal dari tanaman lain. Sedangkan penyerbukan tipe self fertil merupakan penyerbukan secara mandiri tanpa pengaruh tanaman lain.

Tanaman-tanaman kopi yang mempunyai bunga tipe self fertil bisa ditanaman sendiri karena sanggup menghasilkan buah dengan melakukan penyerbukan secara mandiri. Sebaliknya, tanaman-tanaman kopi yang menghasilkan buah tipe self steril harus ditanam bersamaan dengan jenis tanaman kopi lainnya agar mampu memproduksi buah kopi.

0 Response to "Tipe-tipe Penyerbukan Bunga Tanaman Kopi"

Posting Komentar