Tips-tips dalam Membuat Kopi yang Mantap

Kopi merupakan salah satu minuman yang memiliki penggemar paling banyak. Alasannya karena rasa kopi begitu nikmat dan mantap, serta dapat membangkitkan stamina tubuh. Bagi yang sedang dilanda suntuk akibat pekerjaan yang kian menumpuk, kopi juga terkenal efektif menghilangkan kepenatan dan tekanan batin.
Meskipun kelihatannya gampang, membuat secangkir kopi memerlukan tips-tips tersendiri. Hal ini dilakukan agar minuman yang dihasilkan mempunyai rasa yang nikmat dan aroma yang kuat. Sedangkan jika Anda keliru dalam menyeduh kopi, bukan tidak mungkin rasa kopi tersebut hanya pahit saja dan tanpa aroma yang khas.

Pelajari kiat-kiat dari Kopinian berikut ini dalam membuat kopi yang mantap!
1. Pilih Kopi yang Berkualitas Premium
Harga menentukan citarasa kopi. Jangan pernah mengharapkan secangkir kopi yang nikmat jika Anda membeli bubuk kopi murahan. Sebaiknya pilih kopi dengan mutu menengah ke atas. Kopi yang berkualitas premium sudah tentu tidak perlu diragukan lagi kenikmatannya.
2. Kopi Robusta atau Kopi Arabika?
Walaupun rata-rata harga kopi arabika lebih mahal dibandingkan dengan kopi robusta, namun bukan berarti rasanya selalu lebih mantap. Beberapa orang ada yang lebih menyukai sensasi rasa pahit dan aroma tajam yang ditimbulkan oleh kopi robusta. Sebagian juga ada yang memilih kopi arabika karena lebih ramah di lambung. Jadi tidak ada yang terbaik antara kopi robusta dan kopi arabika sebab semuanya itu tergantung selera masing-masing orang.
3. Seduh dengan Air yang Higienis
Untuk mendapatkan rasa dan aroma kopi yang sempurna, Anda harus menyeduh serbuk kopi tersebut menggunakan air yang higienis. Contohnya air mineral yang sekarang banyak dijumpai dalam kemasan botol. Kalaupun terpaksa harus memakai air ledeng, disarankan untuk mendiamkannya semalaman terlebih dahulu agar kotorannya mengendap. Kandungan zat klorin di dalam air juga dapat merusak sensasi asli dari minuman kopi.
4. Gunakan Bantuan Alat Penyeduh Kopi
Alat penyeduh kopi yang dijual di www.alatperabotan.com tidak hanya berfungsi untuk memudahkan Anda dalam menyeduh kopi, tetapi juga untuk membantu mendapatkan rasa dan aroma kopi yang pas. Beberapa produk penyeduh kopi yang bisa dicoba misalnya mocca pot, syphon filter, french press, dan lain-lain. Yang perlu diingat pastikan Anda membeli produk yang orisinil karena kualitas kinerjanya lebih terjamin.
5. Tambah Lagi Takaran Kopinya
Jika Anda merasa kopi yang selama ini diseduh kurang nendang rasanya, jangan ragu-ragu untuk terus bereksperimen. Bahkan para barista pun harus mencoba membuat kopi berkali-kali sampai ia berhasil mendapatkan takaran yang pas. Coba tambah sesendok lagi takaran bubuk kopi Anda, lalu rasakan sensasi yang ditimbulkannya. Bila terlalu pahit, cobalah mengurangi takarannya atau menambahkan cream supaya lebih soft.

0 Response to "Tips-tips dalam Membuat Kopi yang Mantap"

Posting Komentar