Resep Cara Membuat Kopi Arang Joss Gandos!

Kopi joss adalah minuman kopi khas dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Kekhasan dari kopi ini terletak pada penambahan arang panas yang turut dimasukkan ke seduhan kopi. Ketika bara api tersebut tercelup ke dalam air kopi, maka timbul suara tertentu. Dari sinilah awal mula dari penamaan sajian kopi joss yang unik ini.

Kopi joss paling mantap dinikmati selagi panas di daerah-daerah yang berhawa dingin sambil bercanda bersama kolega. Kombinasi antara pekatnya rasa kopi tubruk dan gula bisa dinetralisir dengan baik oleh arang ini. Selain itu, penambahan bara api yang membara ini juga mampu membuat panas kopi semakin lama.

resep-kopi-arang-joss.jpg

Kopi joss bisa Anda jumpai dengan mudah di angkringan-angkringan sepanjang jalan Yogyakarta. Jangan heran dengan kondisi tersebut karena memang meminum kopi joss di angkringan sudah menjadi bagian dari budaya setempat. Bahkan suasana bersantai akan bertambah hangat manakala Anda menyeruput kopi arang ini sembari mengobrol ringan bersama warga sekitar.

Kalau Anda juga ingin membuat kopi arang joss sendiri di rumah, catatlah resep dari Kopinian di bawah ini!

Bahan-bahan :

  • 3 sdm kopi bubuk
  • 1 gelas air panas
  • 2 sdm gula
  • arang kayu secukupnya

Langkah-langkah :

  1. Bakar arang kayu sampai membara dan berwarna kemerah-merahan.
  2. Masukkan kopi dan gula ke dalam gelas saji, lalu tambahkan air panas. Aduk rata.
  3. Setelah arang membara, masukkan arang tersebut ke dalam gelas saji.
  4. Kopi arang joss pun siap dinikmati.

Secara keseluruhan, rasa kopi joss tidak jauh berbeda dengan minuman-minuman kopi pada umumnya. Pembedanya ialah keberadaan arang panas yang membuat sajian kopi tampak unik. Selain itu bagi para penikmatnya, kopi joss diklaim memiliki aroma khas tersendiri yang berasal dari perpaduan aroma kopi dan aroma arang. Selamat mencoba.

0 Response to "Resep Cara Membuat Kopi Arang Joss Gandos!"

Posting Komentar