Inilah Ciri-ciri Tanaman Kopi Arabika

Bagaimanakah ciri-ciri dari kopi arabika? Kopi arabika (Coffea arabica) adalah salah satu spesies di dalam marga Coffea yang termasuk keluarga Rubiaceae. Di kalangan pencinta kopi, spesies kopi ini diklaim mempunyai citarasa dan aroma yang paling nikmat sehingga harganya pun lebih mahal daripada kopi robusta dan kopi liberika.

Pertamakali tanaman kopi arabika didefinisikan sebagai spesies tersendiri oleh Linnaeus pada tahun 1753. Karakteristiknya yaitu memiliki biji yang cenderung kecil dengan kandungan kafein yang rendah. Beberapa varietas kopi arabika yang terkenal di antaranya Typica, Bourbon, Caturra, Mundo Novo, Ticca, San Ramon, Blue Mountain, Java, dan Toraja.

ciri-ciri-kopi-arabika.jpg

Tanaman kopi jenis arabika mempunyai wujud berupa semak rimbun yang memiliki daun berwarna hijau gelap dan berbentuk elips. Secara genetik, jumlah kromosomnya terdiri atas empat set. Buah kopi arabika mempunyai bentuk oval berisi dua benih yang rata dan matang dalam tempo 7-9 bulan.

Di kalangan para petani, kopi arabika dikenal cukup rentan terkena serangan hama dan penyakit. Itu sebabnya, tanaman ini relatif lebih sulit dibudidayakan dibandingkan dengan spesies-spesies yang lainnya. Pemuliaan terhadap tanaman kopi ini salah satunya bisa dilakukan dengan meningkatkan ketahanannya dari serangan hama dan penyakit.

Di bawah ini ciri-ciri yang dimiliki oleh tanaman kopi arabika, yaitu :

Habitus

Tanaman kopi arabika memiliki bentuk berupa pohon perdu. Tanaman ini mampu tumbuh dengan ketinggian hingga mencapai 2-3 meter.

Batang

Batang kopi arabika berbentuk bulat dan tumbuh secara tegak. Batang tersebut mempunyai percabangan tipe monopodial. Permukaan batang kopi arabika bertekstur kasar serta berwarna kuning kotor.

Daun

Daun kopi arabika merupakan daun tunggal yang berhadapan, berbentuk lonjong, dan memiliki tepi yang rata. Ujung daun tersebut cukup runcing dengan pangkal yang tumpul. Panjangnya sekitar 8-15 cm dan lebarnya kurang lebih 4-7 cm. Daun kopi arabika ini dilengkapi tangkai pendek, berkelir hijau, dan mempunyai pertulangan yang menyirip.

Bunga

Bunga kopi arabika berjenis majemuk yang memiliki bentuk payung dan tumbuh di ketiak daun. Bunga ini mempunyai kelopak lonjong sebanyak lima helai dengan panjang berkisar 3 mm. Posisi tangkai benangsarinya saling-menempel dan membentuk tabung putih yang memiliki panjang sekitar 8 mm.

Kopi arabika juga mempunyai tangkai putik berwarna putih yang menjulang keluar tabung. Bagian mahkota bunganya sendiri berbentuk bintang yang memiliki lima helai. Panjang mahkota tersebut berkisar antara 7-9 mm serta berwarna putih kekuningan.

Buah

Kopi arabika memiliki buah batu yang berbentuk bulat telur. Ukuran diameternya kurang lebih 0,5 hingga 1 cm. Buah yang masih mudah berwarna hijau dan akan berubah menjadi merah pekat seiring dengan kematangannya.

Biji

Biji dikotil tersimpan di dalam buah kopi arabika. Biji ini berwarna putih kehijauan dengan panjang sekitar 0,5-1 cm. Biji kopi arabika mempunyai bentuk setengah bola, yang mana salah satu permukaannya beralur.

Akar

Sistem perakaran tunggang melengkapi bagian paling bawah dari tanaman kopi arabika. Akar ini sendiri mempunyai warna kuning muda sampai kuning cerah.

0 Response to "Inilah Ciri-ciri Tanaman Kopi Arabika"

Posting Komentar