Pemula, Ini Cara Meracik Kopi yang Benar

Bagaimana cara meracik kopi yang benar? Sudah tidak dipungkiri lagi kalau secangkir kopi yang nikmat dapat membangkitkan suasana. Apalagi jika kita menyeruputnya di pagi hari, di samping dapat menghangatkan badan, sajian kopi tersebut bisa juga membuat tubuh terasa segar, bertenaga, dan penuh semangat.

Tapi tahukah Anda, ternyata untuk dapat meracik minuman kopi yang benar diperlukan teknik-teknik penyeduhan tertentu. Faktanya, proses penyeduhan kopi akan berpengaruh besar terhadap kualitas citarasa dan aroma dari kopi buatan Anda. Tanpa disadari, Anda telah kehilangan begitu banyak kenikmatan dari kopi yang selama ini Anda bikin tanpa menggunakan metode yang tepat.

cara-meracik-kopi.jpg

Nah, berikut ini panduan ala Kopinian tentang langkah-langkah peracikan kopi yang tepat.

Langkah 1 : Persiapan Awal

Sebelum mulai membuat kopi, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu prosedur persiapan awal yang mesti dilakukan. Usahakan untuk selalu pakai bahan baku berupa biji kopi yang masih segar. Semakin fresh coffee beans yang Anda gunakan, maka mutu rasa dan aromanya bakal semakin baik. Gunakan juga peralatan pembuatan kopi yang memadai. Pastikan alat-alat tersebut dalamkondisi bersih sebelum dipakai.

Langkah 2 : Penggilingan Biji

Setelah biji kopi disangrai atau roasted sedemikian rupa, kini waktunya untuk menggilingnya. Disarankan untuk memakai mesin burr atau mill grinder daripada blade grinder karena hasil gilingannya lebih baik dan konsisten. Hati-hati jika Anda menggiling biji kopi terlalu halus maka rasanya akan sangat pahit, sebaliknya bila hasil bubuk kopi terlalu kasar akan mengakibatkan sensasi rasa kopinya akan hambar.

Langkah 3 : Penyeduhan Kopi

Selain kualitas dari bubuk kopi, air yang dipakai untuk menyeduh bubuk kopi juga bakal mempengaruhi mutu kopi buatan Anda. Sebaiknya gunakanlah air minum yang telah disaring atau air mineral. Di sisi lain, jangan pernah mengguanakan air suling maupun air yang sudah diturunkan kadar mineralnya. Dalam setiap 1 gram bubuk kopi, campurkan dengan air sebanyak 15 ml begitu seterusnya.

Air yang dipakai untuk menyeduh bubuk kopi sebaiknya pula tidak terlalu panas. Dianjurkan untuk menggunakan air yang memiliki suhu berkisar antar 90-96 derajat celcius sehingga proses ekstraksinya lebih optimal. Pengguanaan air yang betemperatur terlalu rendah akan mengakibatkan kopi terasa datar, sementara jika terlalu tinggi hasilnya kenikmatan kopi pun akan banyak yang menghilang. Guna mendapatkan air yang mempunyai suhu dalam rentang ini, Anda bisa merebus air sampai mendidih, lalu mendiamkannya sekitar 1 menit.

0 Response to "Pemula, Ini Cara Meracik Kopi yang Benar"

Posting Komentar