3 Cara Menyeduh Kopi Luwak Seperti Profesional

Bagaimana cara menyeduh kopi luwak? Kopi luwak adalah kopi yang dibuat dari biji kopi yang telah dimakan oleh binatang luwak. Dunia mengakui kalau kopi ini merupakan kopi paling nikmat di dunia. Beruntung kita karena kopi tersebut berasal dari Indonesia.

Secara prinsip, proses penyeduhan kopi luwak tidak jauh berbeda dengan minuman kopi kebanyakan. Kendati demikian, langkah-langkah tersebut harus dilakukan dengan tepat agar secangkir kopi luwak yang Anda buat tidak kehilangan rasa dan aromanya. Lantas, bagaimana sih teknik penyeduhan kopi luwak yang sering diterapkan oleh para barista profesional?

cara-menyeduh-kopi-luwak.jpg

Paling tidak, ada 3 (tiga) metode yang dapat Anda gunakan ketika ingin menyeduh kopi luwak, yaitu :

Metode Pertama

Mulailah dengan merebus air secukupnya hingga mendidih. Sembari menunggu, masukkan 1 sendok makan bubuk kopi luwak ke dalam cangkir. Diamkan air panas tadi selama 1-2 menit agar suhunya menurun sampai 90 derajat celcius. Kemudian tuangkan air panas ke dalam cangkir, lalu segera tutup dengan penutup cangkir selama 3-5 menit. Untuk menikmati kopi luwak, Anda bisa membuka penutup kopi secara perlahan-lahan sambil menghirup aroma yang dikeluarkannya. Setelah itu, Anda pun dapat memulai meminum kopi sambil tak lupa hidung tetap mencium bau yang ditimbulkan oleh secangkir kopi luwak tersebut.

Metode Kedua

Metode ini dilakukan dengan merebus bubuk kopi luwak di air yang mendidih. Caranya letakkan milk pan di atas nyala api kompor, kemudian tuangkan 1-2 gelas air sesuai dengan jumlah minuman kopi yang ingin Anda buat. Tunggu sekitar 1 menit agar suhu air tersebut meningkat hingga mencapai 60 derajat celcius, lalu tambahkan 1 sendok makan bubuk kopi luwak atau sesuai dengan selera. Lanjutkan merebus air kopi ini sampai benar-benar mendidih. Supaya tidak gosong, disarankan untuk terus mengaduknya secara perlahan-lahan. Setelah air kopi tersebut benar-benar mendidih, selanjutnya Anda bisa memindahkannya ke cangkir saji.

Metode Ketiga

Pada dasarnya, proses membuat kopi yang mantap dengan metode ketiga ini mirip seperti teknik pertama. Namun yang membedakan adalah kopi tersebut sama sekali tidak diaduk. Jadi setelah air panas dituangkan ke cangkir yang telah berisi bubuk kopi, Anda bisa menunggunya selama beberapa saat agar bubuk-bubuk kopi mengendap di dasar cangkir dan minuman ini pun siap untuk dinikmati.

0 Response to "3 Cara Menyeduh Kopi Luwak Seperti Profesional"

Posting Komentar