Cara Memilih Biji Kopi yang Berkualitas Bagus

Tidak sedikit para penikmat kopi yang lebih memilih untuk membeli biji kopi daripada kopi yang sudah berbentuk bubuk. Alasannya, citarasa dan aroma pada biji kopi bisa dipertahankan dengan baik hingga tiba waktunya untuk menyeduh kopi tersebut. Walaupun terkesan agak merepotkan, mengolah sendiri biji kopi hingga menjadi secangkir kopi menawarkan sensasi kenikmatan yang tiada tara.

Pemilihan biji kopi yang berkualitas bagus memang terbilang cukup rumit dan membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Anda bisa menggunakan berbagai indera seperti melihat wujud biji kopi, menyentuh dan meraba tekstur permukaannya, serta mencium aroma yang dimilikinya. Biji kopi yang mengalami kecacatan akan mengurangi kelezatan secangkir kopi yang dihasilkan.

cara-memilih-biji-kopi.jpg

Bagi Anda yang ingin membeli biji kopi, ikuti panduan pemilihannya dari kami sebagai berikut!

Tips 1 : Perhatikan Tanggal Sangrai

Usahakan pada kemasan biji kopi yang akan Anda beli terlampir informasi tanggal sangrainya. Perhatikan dengan seksama kapan waktu menggoreng biji kopi dilakukan. Semakin baru biji kopi tersebut disangrai, maka kondisinya akan semakin fresh. Hasilnya kopi pun memiiki rasa nikmat dan aroma yang begitu kuat.

Tips 2 : Hirup Aroma Biji Kopi

Percaya atau tidak, biji kopi yang bagus mengeluarkan aroma wangi khas yang semerbak. Anda bisa mengetahuinya dengan mencium biji kopi untuk menentukan apakah mutunya baik atau biasa. Jika tercium aroma yang tebal, maka biji kopi tersebut mempunyai kualitas bagus. Sedangkan bila aromanya tidak terlalu tercium, kemungkinan besar kualitas biji kopi tersebut rendah.

Tips 3 : Kenali Kekhasan Biji Kopi

Ada banyak sekali biji kopi yang dijual secara bebas di pasaran. Masing-masing dari biji kopi ini tentu mempunyai karakteristik dan kekhasan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sebelum melakukan pembelian langsung, ada baiknya Anda mencari tahu tentang keunggulan, harga, dan kualitas dari biji kopi tersebut. Disarankan pula untuk mencermati testimoni dari para penikmat lain yang sudah mencicipi kopi tadi.

Tips 4 : Seduh Tanpa Gula

Kualitas asli dari suatu biji kopi dapat Anda ketahui dengan menyeduhnya sesuai petunjuk yang tepat. Kemudian rasakan citarasa yang dihasilkannya tanpa tambahan gula sama sekali. Untuk menilai kualitas, Anda juga bisa membandingkannya dengan sensasi dari kopi yang lain.

Tips 5 : Membeli Sample Kopi

Ketika Anda menemukan biji kopi dari varietas yang baru dan belum pernah Anda coba sebelumnya, hindari membelinya dalam partai besar langsung. Dianjurkan untuk membelinya sedikit terlebih dahulu atau bila beruntung Anda bisa mendapatkan sample kopi tersebut secara cuma-cuma. Baru deh setelah Anda bisa mengetahui rasa dan aroma yang dimilikinya, silahkan putuskan untuk membelinya dalam jumlah yang banya atau pun tidak.

1 Response to "Cara Memilih Biji Kopi yang Berkualitas Bagus"

  1. salam, mohon info mengenai green coffe yg katanya bagus utk diet, apakah ini jenis kopi tertentu atau kopi yg blom disangrai?? apakah aman diseduh sebelum digoreng?? klo msh biji kopi apakah bisa diseduh bbrp kali?? apakah kualitas kopi papua terbaik dibanding lainnya??terima kasih

    BalasHapus