Jenis-jenis Mesin Kopi Espresso

Apa sajakah jenis-jenis mesin kopi espresso yang ada di dunia ini? Espresso adalah minuman kopi konsentrat yang dibuat dengan mengalirkan air mendidih dengan tekanan tertentu ke bubuk kopi. Espresso merupakan bahan dasar untuk membuat cappucino, latte, dan minuman kopi khas Italia lainnya.

Kini tersedia beragam jenis mesin kopi yang dapat membantu Anda dalam membuat resep kopi espresso dengan mudah. Mulai dari mesin espresso merk kelas dunia hingga produk buatan dalam negeri. Tetapi secara umum, ada dua macam mesin espresso yakni mesin domestik yang dapat dipakai untuk kebutuhan rumahan serta mesin komersil untuk mendukung kegiatan komersil di kafe dan restoran.

jenis-mesin-kopi-espresso.jpg

Berdasarkan prinsip kerjanya, mesin kopi espresso dapat dibagi menjadi tiga jenis, antara lain :

  1. Mesi Kopi Espresso Manual

Mesin kopi ini masih dijalankan dengan tenaga manual. Penghalusan biji kopi, pengukuran takaran kopi, serta pengaturan suhu dan tekanan air dilakukan secara manual. Karenanya penggunaan mesin ini memerlukan tingkat ketelitian yang sangat tinggi. Walaupun metode pengoperasiannya paling sulit, citarasa dan aroma yang dihasilkan oleh mesin ini bisa disesuaikan dengan selera penikmatnya.

  1. Mesin Kopi Espresso Semi Otomatis

Dikatakan semi otomatis karena mesin ini memadukan teknik pembuatan kopi secara manual dan otomatis. Pemakaian mesin ini juga tidak terlalu sulit dan bisa menghasilkan berbagai varian kopi espresso. Itu sebabnya, para barista lebih senang menggunakan mesin kopi semi otomatis ini.

  1. Mesin Kopi Espresso Otomatis

Mesin ini bekerja secara otomatis. Jadi proses pembuatan kopi espresso lebih praktis. Cukup sekali tekan, mesin pun akan langsung menghasilkan secangkir kopi espresso. Cocok sekali digunakan oleh Anda yang tidak mau repot. Namun jika Anda ingin menikmati sensasi kopi yang sesungguhnya, tidak direkomendasikan memakai mesin ini.

Lantas mesin mana yang terbaik? Semuanya kembali lagi kepada kebutuhan diri Anda masing-masing. Apabila Anda suka meminum kopi tetapi tidak mempunyai waktu yang banyak untuk meraciknya, silahkan gunakan mesin otomatis yang dapat membuat kopi dalam sekejap. Sedangkan jika Anda berminat untuk belajar meramu kopi sendiri, cobalah pakai mesin semi-otomatis lalu berlanjut ke mesin manual untuk memperdalam pengetahuan.

0 Response to "Jenis-jenis Mesin Kopi Espresso"

Posting Komentar