Cara Membersihkan Mesin Kopi yang Benar

Bagaimana cara membersihkan mesin kopi yang benar? Semakin meningkatnya gaya hidup meminum kopi mendorong banyak orang untuk memiliki mesin pembuat kopi sendiri di rumahnya. Tidak sedikit orang yang kini terbiasa menikmati secangkir kopi di pagi hari untuk meningkatkan semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Sayangnya beberapa dari pemilik mesin kopi tersebut kurang menyadari kalau faktor kebersihan turut memegang peranan yang penting dalam menciptakan kenikmatan seduhan kopi buatannya. Mesin kopi yang kotor tentu dapat mengubah rasa dan aroma kopi yang sesungguhnya. Akibatnya, kopi pun menjadi terasa kurang sedap dan warnanya juga tampak kekuning-kuningan sehingga kurang menarik dipandang.

Mesin kopi yang jarang dicuci juga dapat menyebabkan timbulnya kerak di permukaannya. Bahkan saking membandelnya noda tersebut, sabun cuci piring biasa tidak mampu untuk menghilangkannya. Tapi tenang, Anda tidak perlu merasa cemas atau khawatir terlebih dahulu karena kami mempunyai solusi jitu untuk mengatasinya. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini!

cara-membersihkan-mesin-kopi.jpg

Alat dan Bahan :

  • Air dingin
  • Cuka
  • Air hangat
  • Sabun cuci piring
  • Spons

Langkah-langkah :

  1. Semua sisa kopi yang masih tertinggal di dalam mesin harus dibuang terlebih dahulu. Tidak hanya di bagian teko, Anda juga harus membuang sisa kopi yang terdapat di bagian filter mesin. Kemudian bilas teko dan filter tersebut memakai air dingin.
  2. Buatlah cairan pembersih alami yang terdiri atas campuran air dan cuka dengan perbandingan 2:1. Setelah itu, masukkan larutan ini ke dalam bagian reservoir mesin. Sekarang hidupkan mesin kopi tersebut layaknya Anda sedang membikin kopi. setelah proses pembuatan kopi selesai, Anda bisa mematikan mesin tersebut kembali.
  3. Diamkan mesin kopi yang sudah berisi larutan air cuka tadi selama 15-30 menit. Tahap berikutnya buang cairan pembersih alami dari dalam mesin.
  4. Kini saatnya melakukan pembilasan. Caranya masukkan air ke dalam bagian reservoir kopi, lalu nyalakan mesin hingga prosesnya rampung. Kerjakan tahap pembilasan ini sebanyak dua kali agar hasilnya benar-benar bersih.
  5. Sembari menunggu temperatur mesin kopi sampai normal kembali, Anda bisa membersihkan bagian teko dan filter/saringan kopi. Caranya masih sama, kedua bagian mesin kopi ini dicuci menggunakan air hangat dan sabun. Kemudian bilas memakai air bersih. Jangan lupa lap hingga kering setelahnya ya.

Oh ya, Anda bisa mengganti bahan cuka dengan baking soda. Selamat mencoba!

1 Response to "Cara Membersihkan Mesin Kopi yang Benar"

  1. Terima kasih telah berbagi info yang bermanfaat mengenai peralatan dapur yang baik.
    Oxone

    BalasHapus