Cara Membuat Kopi Espresso dengan Mesin

Bagaimana cara membuat kopi espresso dengan mesin? Pada percobaan kali ini, kita akan menggunakan mesin kopi yang berjenis semi otomatis. Jadi kita harus mengatur waktu ekstraksi secara manual. Berbeda dengan mesin kopi otomatis, di mana seluruh rangkaian pembuatan espresso dikerjakan sepenuhnya oleh mesin. Waktu ekstraksi terjadi pada saat udara yang memiliki tekanan tinggi ditiupkan ke portafilter untuk menghasilkan espresso.

membuat-espresso-dengan-mesin.jpg

Berikut ini langkah-langkah dalam pembuatan espresso menggunakan mesin kopi semi otomatis :

  1. Hidupkan mesin kopi dan biarkan lampu indikatornya menyala yang menandakan bahwa mesin tersebut telah siap untuk bekerja. Rata-rata waktu tunggu ini biasanya berkisar antara 2-3 menit. Bahkan pada mesin semi profesional, waktu tunggunya bisa mencapai 30 menit.
  2. Pasang bagian portafilter yang belum diisi dengan kopi. Kemudian nyalakan mesin kembali supaya air panas di dalamnya dapat mengalir. Dengan demikian, suhu portafilter ini akan meningkat dan menghasilkan aroma kopi yang kuat. Sembari menunggu, Anda juga bisa memanaskan gelas yang akan dipakai untuk wadah espresso.
  3. Masukkan 1 sendok makan bubuk kopi ke dalam portafilter. Setelah itu, padatkan dan bersihkan sisa-sisa bubuk kopi yang tercecer di pinggir portafilter. Disarankan untuk menggunakan bubuk kopi yang bertekstur kasar sehingga air dapat melalui sela-selanya dengan mudah. Hindari penggunaan bubuk kopi yang halus karena dapat menyumbat mesin.
  4. Pasanglah portafilter ke dalam mesin kopi. Letakkan pula sebuah gelas yang sudah dihangatkan di bagian pengeluaran hasil espresso. Putar tombol pada mesin, maka air panas pun segera bercampur dengan bubuk kopi. Biarkan mesin kopi bekerja kira-kira selama 23-25 detik. Jangan terlalu lama sebab akan merusak keaslian espresso.
  5. Kopi espresso sebagai hasil dari kinerja mesin pun akan langsung tertampung di dalam gelas dan siap untuk dinikmati. Perlu diketahui, cairan berwarna cokelat keemasan yang terdapat di permukaan espresso tersebut dinamakan sebagai crema. Bagian inilah yang paling disukai oleh mayoritas pencinta kopi.

0 Response to "Cara Membuat Kopi Espresso dengan Mesin"

Posting Komentar