7 Cara Menikmati Kopi yang Benar

Bagaimana cara menikmati kopi yang benar? Secangkir kopi sangat pas untuk menemani hari Anda. Tidak peduli apakah espresso, latte, mocha, atau cappuccino, nyatanya kopi mampu membuat siapa pun menjadi bisa lebih menikmati hidup. Kini kopi bukanlah sekadar minuman pelepas dahaga, bahkan aromanya pun memiliki sensasi tersendiri. Apakah Anda merasakannya juga?

Ada banyak cara untuk bisa menikmati secangkir kopi milik Anda. Tidak hanya mencicipi kalau suatu kopi enak atau tidak, tetapi Anda pun harus bisa merasakan sensasi kenikmatan yang ditimbulkan oleh setiap unsur pembentuknya. Yang perlu Anda sadari adalah setiap kopi itu unik. Bahkan jenis kopi sama yang diproses dengan teknik yang berbeda akan menimbulkan sensasi yang berlainan.

cara-menikmati-secangkir-kopi.jpg

Nah biar Anda bisa lebih menikmati secangkir kopi, pelajari langkah-langkah di bawah ini!

  1. Ketahui Jenis Kopi yang sedang Diminum

Lucu sekali apabila Anda tidak mengetahui apakah jenis kopi yang sedang diminum. Alasannya tentu saja Anda tidak bisa mencatat dengan baik pengalaman meminum kopi tersebut. Andaikan Anda tahu jenis kopi yang diminum adalah robusta, arabika, liberika, atau yang lain, tentu Anda bisa lebih merasakan rasa asli dari kopi tersebut.

  1. Tentukan Waktu yang Terbaik

Menurut kami, secangkir kopi yang panas jauh lebih nikmat dibandingkan dengan kopi dingin. Apalagi bubuk kopi yang diseduh masih baru. Faktanya semakin lama kopi disimpan maka kualitas rasanya akan semakin menurun. Roasted coffee paling pas disajikan setelah berumur sebulan. Sedangkan green coffee tidak boleh disimpan lebih dari dua minggu sebab aroma khasnya mudah menguap. Setelah diseduh, diamkan kopi sejenak sekitar 3-5 menit, barulah kemudian Anda bisa menikmatinya.

  1. Teman Pelengkap Kopi

Ada banyak makanan ringan yang dapat dinikmati sembari meminum kopi. Di antaranya kue cokelat yang manis, kacang kulit, singkong rebus, dan lain-lain. Jika ingin suatu rasa yang lain, Anda bisa sesekali meminum kopi dengan ditemani buah-buahan yang segar. Hanya satu pantangan saat menikmati kopi yaitu menghisap rokok. Rokok membuat indera pengecap seperti mati rasa sehingga Anda tidak bisa merasakan kenikmatan kopi yang sesungguhnya.

  1. Jangan Lewatkan Aroma Kopi

Kopi juga mempunyai aroma yang bermacam-macam lho. Aroma yang dimilikinya pun sangat khas sebagaimana teh, cokelat, ataupun jahe. Sangat disayangkan bila Anda hanya sekadar meminum kopi saja tanpa pernah merasakan bagaimana aroma yang timbul. Jadi mulai sekarang biasakanlah menghirup aroma kopi sedalam-dalamnya sebelum menyeruput kopi tadi.

  1. Minum Sedikit demi Sedikit

Sekali lagi kami ingatkan kalau kopi kurang pas dijadikan sebagai minuman pelepas dahaga. Secangkir kopi sangat nikmat bila disajikan untuk merelaksasi tubuh. Cara yang paling mudah ialah Anda bisa meminumnya sedikit demi sedikit. Rasakan setiap tegukan yang Anda lakukan, di mana pada saat yang sama akan muncul suatu sensasi yang sulit dilupakan.

  1. Nikmati bersama Orang-orang Tercinta

Sebenarnya tidak masalah ketika Anda menikmati kopi sendirian sebab rasa dan aromanya pun akan tetap nikmat. Namun bila Anda menginginkan suasana hangat yang ditimbulkan oleh kopi. cobalah ajak orang-orang yang Anda cintai untuk mengopi bersama. Kami pastikan Anda akan merasakan suasana yang begitu hangat dan nyaman dalam hidup Anda.

  1. Jangan Terlalu Berlebihan

Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan pasti akan menimbulkan dampak yang buruk. Sama halnya dengan kopi, di mana minuman ini akan terasa sangat nikmat jikalau diminum sesekali. Batas meminum kopi yang baik untuk orang dewasa yakni 2 cangkir/hari. Jika Anda mengonsumsinya lebih dari takaran tersebut, dikhawatirkan akan muncul sejumlah gangguan kesehatan seperti yang pernah kami bahas di sini.

0 Response to "7 Cara Menikmati Kopi yang Benar"

Posting Komentar