7 Efek Samping Kopi bagi Pria dan Wanita

Apakah efek samping kopi bagi pria dan wanita? Minuman kopi dibuat dari biji kopi yang sudah disangrai, kemudian ditumbuk sampai halus menjadi bubuk. Minuman ini begitu disukai oleh sebagian besar masyarakat karena mempunyai rasa dan aroma yang menarik. Bahkan kopi pun disebut-sebut berkhasiat untuk mencegah risiko terjangkitnya penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan penyakit jantung.

Saking terkenalnya kopi, minuman ini sampai menjadi tren tersendiri di dalam masyarakat. Tidak sedikit para pria dan wanita memilih ditemani secangkir kopi di pagi atau sore hari. Beberapa orang juga menyukai minuman ini lantaran kandungan kafeinnya mampu meningkatkan fokus dan waspada.

Pepatah bijak mengatakan jangan terlalu berlebihan terhadap segala apapun. Begitu pula dengan kopi, meminum kopi secara berlebihan juga sebaiknya tidak terlalu sering. Sebab apabila sampai kecanduan, manfaat kopi justru menghilang dan digantikan oleh efek sampingnya.

efek-samping-minum-kopi.jpg

Di bawah ini tujuh efek samping minuman kopi yang jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia :

Efek 1 : Menyebabkan Iritasi Perut

Kopi dapat menyebabkan iritasi perut jikalau diminum secara berlebihan. Hal tersebut disebabkan minuman ini mempunyai senyawa kafein dan kandungan asam. Jika jumlah senyawa ini terlampau banyak akibatnya perut dan lapisan usus kecil bisa teriritasi. Akibatnya Anda pun akan mengalami gangguan pencernaan seperti kram usus, diare, serta sembelit.

Efek 2 : Mengganggu Penyerapan Makanan

Percayakah Anda kalau mengonsumsi kopi terus-menerus akan mengganggu proses penyerapan makanan di dalam tubuh? Minuman kopi sanggup merangsang peristaltik yang dapat mempercepat proses penyerapan makanan masuk ke dalam usus kecil. Sehingga nutrisi yang terkandung di dalam bahan makanan tersebut pun tidak terserap dengan baik.

Efek 3 : Meningkatkan Asam Lambung

Mulai sekarang hentikanlah aktivitas meminum kopi di pagi hari saat kondisi perut masih kosong. Mengonsumsi kopi saat perut kosong dapat mengakibatkan dampak negatif bagi kesehatan Anda. Karena minuman ini mampu meningkatkan produksi asam klorida di dalam lambung Anda.

Efek 4 : Mengurangi Kepadatan Tulang

Faktanya mengonsumsi kopi terlalu sering juga bisa menyebabkan berkurangnya mineral yang tersimpan di dalam tubuh Anda. Imbasnya adalah kesehatan tulang Anda akan memburuk. Tingkat kepadatan mineral yang ada di dalam tulang akan mengalami penurunan sehingga tulang tersebut pun bakal menjadi rapuh.

Efek 5 : Mengakibatkan Tekanan Jiwa

Tahukah Anda, senyawa yang terkandung di dalam kopi bubuk dapat menaikkan produksi hormon kortison, norepinefrin, dan epinefrin. Ketiga hormon ini akan mengakibatkan perasaan Anda selalu merasa waswas setiap saat. Jadi tubuh Anda pun tidak akan mendapatkan waktu istirahat yang cukup bila terus meminum kopi sehingga dapat berakibat pada timbulnya stres.

Efek 6 : Mempengaruhi Kinerja Ginjal

Mengonsumsi kopi yang tidak berimbang dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan Anda. Salah satunya ialah mengganggu kinerja ginjal dalam memproduksi mineral. Kopi bisa mempengaruhi kemampuan ginjal untuk memproduksi kalsium, magnesium, dan zink. Hal ini berakibat pada tubuh yang sering merasa lemas.

Efek 7 : Menimbulkan Panas Dalam

Panas dalam yang ditimbulkan oleh minuman kopi disebabkan karena kopi ini mengganggu kesehatan esofagus di bagian bawah. Efek dari peristiwa tersebut adalah munculnya asam klorida yang akan membuat Anda mengalami panas dalam. Oleh karena itu, batasi konsumsi kopi supaya Anda tidak mengalami penurunan kesehatan di dalam tubuh.

0 Response to "7 Efek Samping Kopi bagi Pria dan Wanita"

Posting Komentar