Cara Membuat Krim Kental untuk Kopi

Bagaimana cara membuat krim kental untuk kopi? Ada banyak variasi dari minuman kopi yang bisa Anda coba. Salah satunya yang mungkin sudah akrab dengan Anda ialah sajian kopi yang bercampur dengan krim kental. Tidak hanya akan memperkaya rasa minuman kopi Anda, krim kental tersebut juga mampu menambah daya tariknya.

Perlu diketahui, krim kental yang biasanya digunakan untuk topping kopi ialah whipped cream. Namun sebelum kita mengulas seputar proses pembuatan whipped cream ini, alangkah baiknya jika Anda perlu mengenal macam-macam krim kental terlebih dahulu. Di antaranya yaitu :

  1. Double cream adalah krim yang mengandung lemak dengan kadar mencapai 40 persen sehingga rasanya pun sangat gurih. Krim ini juga akan mengembang menjadi dua kali lipat apabila dikocok secara perlahan. Double cream biasanya dipakai untuk melapisi kue, dicampurkan dengan minuman kopi panas ataupun cokelat, dan sebagai campuran puding.
  2. Whipped cream adalah krim yang mengandung lemak sebanyak 35 persen. Sama seperti double cream, whipped cream yang dikocok pun bakal mengembang hingga dua kali lipat. Pada umumnya, whipped cream digunakan untuk olesan kue dan minuman. Selain berbentuk bubuk, kini sudah banyak whipped cream instan yang siap pakai.
  3. Sour cream adalah krim yang dibuat dengan proses fermentasi sehingga rasanya pun agak asam dengan rasa gurih yang tetap dominan. Cheesecake membutuhkan krim ini sebagai bahan dasarnya. Sour cream ini tidak sama dengan yoghurt ya.
  4. Thickened cream adalah krim yang diberi tambahan bahan-bahan pengental. Krim ini paling sering dimanfaatkan untuk memperlezat sup, dessert, dan kue. Thickened cream juga bisa dihidangkan bersama buah-buahan segar lho.
  5. Single cream adalah krim dengan kandungan lemak hanya sekitar 15 persen. Oleh karena itu, krim ini tidak akan mengembang bila dikocok. Pemanfaatan krim ini biasanya digunakan sebagai bahan campuran untuk sereal.

cara-membuat-whipped-cream.jpg

Back to topic, mari kita membuat krim kental dari jenis whipped cream sebagai campuran minuman kopi yang nikmat. Jangan lupa catat resepnya di bawah ini :

Bahan-bahan :

  • 1 cangkir susu kental manis
  • 2 sdm gula
  • 1 sdt ekstrak vanili
  • 1 sdm sari lemon

Cara membuat :

  1. Untuk mendapatkan whipped cream dengan mutu yang terbaik, Anda harus mendinginkan susu kental manis terlebih dahulu.
  2. Masukkan susu dingin ke dalam blender lalu tambahkan gula, vanili, dan lemon.
  3. Nyalakan blender. Kocok bahan-bahan di dalamnya selama 3-5 menit sampai mengembang.
  4. Tanda bahwa whipped cream bikinan Anda sudah jadi ialah bagian krim atasnya terasa agak kaku, sedangkan bawahnya lembut seperti mentega.
  5. Whipped cream ini harus langsung digunakan serta tidak boleh disimpan karena ukurannya bisa menyusut. Selain dipakai untuk memperkaya rasa minuman kopi, Anda pun dapat menggunakannya untuk topping makanan-makanan manis.

0 Response to "Cara Membuat Krim Kental untuk Kopi"

Posting Komentar