Cara Membuat Latte Art dengan Alat Sederhana

Bagaimana cara membuat latte art secara lengkap? Bisakah membikin latte art dengan alat-alat yang sederhana? Latte art adalah seni dalam menyajikan secangkir kopi agar tampilannya lebih menarik dan menggugah selera. Meskipun dinamakan demikian, namun pada kenyataannya seni ini tidak hanya digunakan dalam penyajian minuman latte saja melainkan juga sering diterapkan dalam minuman-minuman kopi yang lain.

Latte art memang merupakan seni melukis di atas minuman kopi. Hal ini biasanya dilakukan oleh Coffee Shop dengan tujuan untuk meningkatkan nilai kopi yang dijualnya. Terlihat sederhana memang saat kita melihat seorang barista tengah membuat latte art. Tetapi proses ini membutuhkan keahlian dan rasa seni yang tinggi.

Secara prinsip, latte art dibuat dari secangkir espresso yang ditambah dengan microfoam. Microfoam sendiri ialah hasil dari susu yang dihangatkan memakai frother atau steamer. Lapisan microfoam yang sudah dituangkan di atas espresso, selanjutnya bisa dilukis dengan berbagai gambar sesuai desain.

cara-membuat-latte-art.jpg

Ingin mencoba bikin latte art sendiri di rumah? Silakan ikuti panduannya sebagai berikut.

Alat dan bahan :

  • Kopi espresso
  • Susu
  • Gelas
  • Stainless steel jug
  • Milk forther
  • Termometer
  • Microwave

Langkah-langkah :

  1. Buatlah secangkir espresso dengan menggunakan mesin kopi espresso khusus. Anda juga bisa membikin espresso secara tradisional menggunakan metode di sini.
  2. Tuangkan susu ke dalam jug. Lalu masukkan jug tersebut ke microwave untuk meningkatkan suhunya hingga 65 derajat celsius. Jangan sampai terlalu panas karena susu akan pecah sehingga tidak bisa diolah menjadi microfoam.
  3. Anda pun dapat menghangatkan susu dengan memasukkan ke dalam panci. Kemudian memasukkan panci ini ke dalam panci yang lebih besar berisi air. Lalu tuangkan panci tersebut di atas kompor. Teknik ini dikenal pula dengan istilah au bain marie.
  4. Nyalakan milk forther. Gunakan untuk mengocok susu hangat sampai berubah menjadi microfoam. Lakukan proses pengocokan ini sampai suara mesin terdengar lembut yang berarti microfoam sudah terbentuk sempurna.
  5. Masukkan microfoam ini ke dalam secangkir gelas yang sudah berisi espresso. Kalau bisa menuangkannya dengan jug yang memiliki bibir lancip supaya aliran microfoam-nya kecil sehingga hasilnya pun lebih rapi.
  6. Biasanya dengan metode di atas, latte art yang dihasilkan sudah tampak rapi. Namun apabila Anda ingin menggambar sesuatu di atasnya, gunakan saja tusuk gigi yang mempunyai ujung lancip sebagai pensil. Supaya makin cantik, Anda juga bisa menghias kopi dengan bubuk cokelat menggunakan cetakan latte art yang dijual di www.alatperabotan.com

Selamat berkarya!

0 Response to "Cara Membuat Latte Art dengan Alat Sederhana"

Posting Komentar