Cara Membuat Selai Kopi Sederhana

Bagaimana cara membuat selai kopi? Bagi Anda yang suka menikmati secangkir kopi atau setangkup roti, Anda bisa mencoba resep yang unik berikut ini. Apalagi kalau bukan selai kopi. Yap, selai ini terbuat dari bubuk kopi yang telah diolah sedemikian rupa. Anda bisa menikmatinya bersama keluarga tercinta.

Tahukah Anda, selai adalah bubur dari buah-buahan yang dimasak dengan gula sampai kental. Biasanya selai dioleskan pada roti, kue, dan sebagainya. Jika Anda termasuk pencinta kopi, cobalah sekali-kali membikin selai kopi. Dibandingkan dengan proses pembuatan selai stroberi, nanas, ataupun kacang, selai kopi ini terbilang lebih mudah dibuat dan bahan-bahan yang dibutuhkannya pun sederhana.

Resep Selai Kopi

cara-membuat-kopi-selai.jpg

Bahan-bahan :

  • 3 sdm kopi bubuk
  • 2 sdm tepung terigu
  • 5 sdm gula pasir
  • 1 sdm margarin
  • 1 sdt ekstrak vanili
  • 1 gelas susu cair

Cara membuat :

  1. Pada dasarnya semua bahan di atas bersifat opsional. Jadi Anda bisa menggunakan takaran yang sesuai dengan selera. Misalnya bila Anda ingin selai yang memiliki rasa kopi yang kuat, Anda bisa menambahkan kopi bubuk. Begitu pun jika Anda ingin menambahkan cokelat bubuk ke dalam resep ini.
  2. Tuangkan susu ke dalam mangkuk. Kemudian tambahkan kopi bubuk, tepung terigu, dan gula pasir ke dalamnya. Aduk bahan-bahan ini supaya tercampur rata hingga membentuk adonan yang encer. Lalu diamkan selama beberapa saat.
  3. Panaskan panci teflon di atas kompor yang mempunyai api sedang. Setelah panci tersebut cukup panas, Anda bisa menuangkan adonan kopi susu tadi ke dalamnya. Masukkan adonan ini secara perlahan-lahan sambil diaduk dengan pelan.
  4. Setelah tekstur adonan yang dimasak berubah menjadi agak kental, Anda bisa mengecilkan nyala api pada kompor. Teruslah mengaduk adonan tersebut dengan gerakan yang searah sampai kadar airnya berkurang dan wujud adonan pun berubah menjadi kental.
  5. Sebelum Anda mengangkat panci, cicipi selai kopi yang masih berada di atas kompor tersebut. Rasakan bagaimana citarasa dan aroma selai kopi yang sudah terbentuk. Pastikan selai kopi ini telah sesuai dengan selera Anda sekeluarga.

Anda bisa menyajika selai kopi ini bersama dengan setangkup roti bakar di pagi hari. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Membuat Selai Kopi Sederhana"

Posting Komentar