Cara Membuat Sirup Karamel dari Gula Pasir

Bagaimana cara membuat sirup karamel dari gula pasir? Tahukah Anda, karamel pada dasarnya terbuat dari gula pasir yang dimasak dengan suhu hingga mencapai 160 derajat celsius. Itulah kenapa, warna karamel berbeda sekali dengan warna gula pasir, yakni cokelat keemasan. Rasa karamel pun sangat berbeda dengan cairan gula pasir.

Ada dua teknik yang dapat dilakukan untuk membuat karamel. Metode yang pertama adalah dry caramelization atau karamel kering. Sedangkan metode yang kedua yaitu wet caramelization alias karamel cair/sirup karamel. Sirup karamel biasanya digunakan sebagai topping untuk berbagai kudapan seperti minuman kopi dan pancake.

Proses pembuatan sirup karamel memang cukup sulit. Jika keliru dalam mengolahnya, karamel akan terasa pahit akibat gosong serta teksturnya pun bisa menggumpal. Kesalahan paling sering disebabkan oleh teknik pengolahan yang salah, penggunaan api yang terlalu besar, dan pemakaian panci/wajan yang tidak sesuai.

Secara prinsip, sirup karamel dapat dibuat dengan memasak gula pasir di wajan yang lebar dan berdinding tinggi menggunakan api kecil. Setelah gula tersebut sudah tampak mulai meleleh dan berwarna kecoklat-coklatan, Anda bisa membuatnya semakin larut dengan cara menggoyang-goyangkan wajan tersebut. Sebaiknya terus goyangkan wajan ini secara stabil dan jangan diaduk supaya sirup karamel tidak menggumpal.

cara-membuat-sirup-karamel.jpg

Kami mempunyai dua resep sirup karamel yang bisa Anda coba sendiri di rumah!

RESEP PERTAMA

Bahan-bahan :

  • 125 gram gula pasir
  • 500 ml susu cair hangat
  • 1 ½ sdm tepung maizena; encerkan dengan sedikit air
  • 1 sdm butter
  • 2 sdm rum (opsional)

Cara membuat :

  1. Masukkan gula pasir ke dalam wajan. Masak gula tersebut memakai api yang kecil hingga berubah menjadi karamel. Kemudian matikan nyala api kompor.
  2. Tuangkan susu cair hangat sedikit demi sedikit ke dalam wajan tadi sambil terus diaduk supaya tercampur rata. Lalu hidupkan kembali kompor memakai api yang sedang. Aduk terus sampai karamel larut dengan susu.
  3. Tambahkan butter dan cairan tepung maizena ke wajan. Lanjutkan proses pemasakan sampai sirup mengental. Jangan lupa untuk terus mengaduknya ya.
  4. Setelah sirup karamel sudah cukup kental, segera angkat wajan dari atas kompor. Masukkan rum ke dalam sirup tersebut untuk menambah aromanya.
  5. Sirup karamel pun sudah jadi dan siap digunakan sebagai topping makanan/minuman.

RESEP KEDUA

Bahan-bahan :

  • 500 gram gula pasir
  • 1 sdm air sari lemon
  • Air secukupnya

Cara membuat :

  1. Siapkan panci yang diameternya cukup lebar dengan dinding yang tinggi. Masukkan gula pasir dan air ke dalamnya. Masaklah dengan menggunakan nyala api yang sedang.
  2. Gunakan sendok kayu untuk mengaduk bahan-bahan yang ada di dalam panci. Aduk terus dengan gerakan yang searah dan konsisten.
  3. Ketika suhu air sudah mencapai lebih dari 160 derajat celsius, larutan gula ini akan mencair. Hanya saja warna karamel yang terbentuk masih berkelir putih bening. Jadi proses pemasakan masih harus dilakukan.
  4. Tambahkan air sari lemon ke dalam panci untuk mencegah sirup karamel yang masih bening tadi mengkristal. Jika tidak, gula pasir yang mengkristal ini akan menggumpal sehingga wujudnya berubah menjadi padat.
  5. Panaskan terus sirup karamel ini hingga mengental. Bila sudah mengental, Anda bisa merubah nyala api pada kompor menjadi kecil.
  6. Masak larutan karamel ini sambil terus diaduk dengan stabil. Perhatikan warnanya! Sirup karamel bisa dikatakan sudah jadi apabila warnanya tampak cokelat keemasan.
  7. Segera pakai sirup karamel ini untuk campuran bahan makanan. Perlu diketahui, sirup karamel mudah sekali mengkristal bila temperaturnya sudah menurun.

Selamat mencoba ya!

1 Response to "Cara Membuat Sirup Karamel dari Gula Pasir"

  1. Ternyata untuk mengolah sirup karamel menjadi gula ada teknik memasak nya tersendiri ya. Jadi gaboleh sembarangan kalau gamau hasilnya berantakan.

    BalasHapus