Jenis-jenis Minuman Kopi di Indonesia yang Unik

Mau tahu apa sajakah jenis-jenis minuman kopi di Indonesia yang unik? Sebagai salah satu negara penghasil kopi, aktivitas meminum kopi sudah menjadi budaya tersendiri di masyarakat kita. Berkumpul akan terasa kurang lengkap tanpa menikmati secangkir kopi. Dengan adanya minuman ini, suasana pun menjadi hangat dan semakin akrab.

Ada banyak sajian minuman kopi asli dari Nusantara. Salah satu yang paling mendunia adalah kopi luwak. Bahkan sampai saat ini kopi luwak masih memegang rekor sebagai kopi terbaik di dunia. Namun pada kesempatan kali ini, marilah kita sejenak meninggalkan kopi luwak dengan segala keunikannya. Sebab masih ada berbagai olahan minuman kopi yang jauh lebih unik dan pastinya merupakan khas dari Nusantara.

jenis-kopi-di-indonesia.jpg

Apa sajakah itu?

  1. Kopi Joss dari D.I. Yogyakarta

Jika Anda berkunjung ke provinsi D.I. Yogyakarta, Anda akan menemukan sajian minuman kopi unik yang bernama kopi joss. Kopi ini dikatakan unik karena mengandung arang panas di dalamnya. Adapun fungsi penambahan arang tersebut adalah menjaga suhu kopi agar tetap panas dalam waktu yang lama. Dari segi kesehatan, kopi joss dipercaya berkhasiat untuk menetralisir asam lambung serta meredakan kembung. Jangan lupa cobalah resep kopi joss di sini ya.

  1. Kopi Kawa dari Sumatera Barat

Kopi kawa terbuat dari daun kopi yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan minuman kopi yang nikmat. Hal ini sangat tidak umum, mengingat minuman kopi pada dasarnya terbuat dari biji kopi yang ditumbuk halus kemudian disangrai. Itulah kenapa rasa kopi ini tidak terlalu pekat, malahan lebih condong mirip seperti minuman teh. Penyajian kopi kawa yang asli selalu menggunakan tempurung kelapa,bukan cangkir atau gelas. Cari tahu lebih banyak tentang kopi kawa di sini.

  1. Kopi Ijo dari Jawa Timur

Minuman kopi selalu berwarna hitam pekat. Berbeda dengan kopi ijo, minuman ini mempunyai warna hitam kehijau-hijauan. Warna hijau pada kopi ijo disebabkan oleh bubuk kacang hijau yang ditambahkan ke dalam bubuk kopi sehingga rasanya pun menjadi gurih dan lembut. Kopi ijo juga sering kali dicampur dengan rempah-rempah yang membuat citarasanya semakin kaya.

  1. Kopi Manggar dari Bangka Belitung

Kopi manggar merupakan minuman kopi kebanggaan Kota Manggar, Belitung. Kopi ini terbuat dari bubuk kopi robusta yang diseduh dengan cara yang berbeda daripada minuman kopi kebanyakan. Jadi bubuk kopi dimasukkan ke dalam saringan, lalu letakkan saringan tadi di atas ceret. Tuangkan air panas melewati saringan berisi bubuk kopi sehingga air hasil saringannya menjadi air kopi. Saringlah air tersebut sekali lagi, maka jadilah kopi manggar.

  1. Kopi Gayo dari Aceh

Kopi gayo merupakan kopi yang berasal dari Dataran Tinggi Gayo, Aceh. Kopi di sini mempunyai rasa yang sangat khas yaitu gurih dengan pahit yang hampir tidak terasa. Aroma kopi gayo juga harum dan kuat sekali. Selain karena faktor lingkungan alam, keunikan yang dimiliki oleh kopi gayo disebabkan oleh sistem penanamannya yang dilakukan secara organik. Bahkan kopi gayo disebut-sebut sebagai salah satu kopi organik paling nikmat di dunia.

  1. Kopi Kopyok dari Gresik

Bagi Anda yang mengaku pencinta kopi sejati, kurang lengkap rasanya kalau Anda belum pernah merasakan sensasi rasa yang dimiliki oleh kopi kopyok. Kopi kopyok menggunakan bubuk kopi kasar sebagai bahan bakunya. Minuman kopi ini disajikan dengan ampasnya langsung tanpa disaring terlebih dahulu. Tak tanggung-tanggung, bubuk kopi yang dimasukkan ke dalam cangkir hampir mencapai setengah volumenya. Soal rasa, kopi kopyok lebih condong ke arah asam sehingga terasa unik dan patut dicoba sekali-kali.

0 Response to "Jenis-jenis Minuman Kopi di Indonesia yang Unik"

Posting Komentar