Perbedaan Espresso, Latte, Mocha, dan Cappucino

Apakah perbedaan antara espresso, latte, mocha, dan capuccino? Kita mengenal kopi sebagai minuman yang nikmat dan menenangkan. Minuman ini dibuat dari ekstraksi biji kopi yang telah dikeringkan, lalu diolah sedemikian rupa hingga wujudnya berubah menjadi bubuk. Nah, bubuk kopi inilah yang kemudian diseduh menjadi minuman.

Terdapat dua macam tanaman kopi yang paling banyak dibudidayakan oleh petani lokal yaitu robusta dan arabika. Sedangkan untuk olahannya, banyak sekali ragam minuman yang dapat dibuat dari biji kopi. Di antara minuman-minuman kopi tersebut, ada 4 minuman yang paling populer yaitu espresso, latte, mocha, dan capuccino.

perbedaan-espresso-mocha-latte-cappucino.jpg

Pengen tahu apa sajakah perbedaan-perbedaan yang dimiliki oleh keempat minuman berbahan dasar kopi ini?

Espresso

Espresso adalah minuman kopi yang kental dan memiliki rasa yang sangat kuat. Espresso biasanya diminum tanpa tambahan apapun termasuk gula, krim, atau susu. Penyajiannya selalu menggunakan shot yakni sebuah gelas yang berukuran kecil. Espresso juga sering digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan latte, mocha, capuccino, dan minuman-minuman kopi lainnya.

Latte

Latte adalah minuman kopi yang telah ditambahi banyak susu. Komposisi yang standar ialah 1/3 kopi dan 2/3 susu. Cafe latte merupakan campuran antara espresso dan susu cair. Beberapa orang juga menggunakan perpaduan antara 2/6 espresso, 3/6 susu, dan 1/6 foam untuk membikin latte. Karena sedikit mengandung kopi, maka latte pun mempunyai citarasa yang ringan. Minuman ini sangat populer di Amerika dan biasa dikonsumsi oleh para peminum kopi pemula.

Mocha

Mocha dikenal pula dengan sebutan kopi cokelat. Hal ini dikarenakan pada dasarnya mocha dibuat dari latte yang ditambah cokelat sesuai selera. Bentuk cokelat yang dipakai pun terserah, apakah mau cokelat putih atau cokelat hitam serta cokelat sirup atau cokelat bubuk. Kadang-kadang minuman mocha juga ditambah dengan whipped cream untuk memperkuat sensasi yang dimilikinya. Masyarakat di Amerika sering menyebut minuman ini dengan istilah moccaccino atau mochacino.

Cappucino

Sekilas capuccino mirip seperti latte karena sama-sama terbuat dari campuran espresso, susu, dan foam. Namun faktor yang membedakan terletak pada komposisinya, di mana cappucino terdiri dari sepertiga bagian yang sama rata. Jadi bahan baku untuk membuat cappucino yaitu 1/3 espresso, 1/3 susu, dan 1/3 foam. Perlu diketahui, cappucino merupakan minuman kopi asli dari Italia. Kata cap disematkan sebab banyaknya foam yang terkandung di dalam minuman ini sehingga tampak menyerupai topi/cap.

0 Response to "Perbedaan Espresso, Latte, Mocha, dan Cappucino"

Posting Komentar