Resep Cara Membuat Coffee Macchiato dengan Mudah

Bagaimana cara membuat coffee macchiato? Kata macchiato berasal dari bahasa italia yang berarti penanda atau ditandai. Sedangkan pengertian coffee macchiato adalah kopi yang ditandai. Istilah ini muncul berkaitan dengan asal usul terciptanya sajian coffee macchiato di beberapa kafe di Italia.

Pada mulanya, orang-orang menginginkan espresso dengan tambahan sedikit susu di atasnya. Karena rupa espresso dengan tambahan susu tersebut masih mirip seperti espresso murni, maka tidak sedikit pelayan yang bingung dalam membedakan keduanya. Maka terciptalah coffee macchiato yang awal mulanya digunakan untuk mempermudah pelayan untuk menandai espresso yang telah ditambahi susu.

Sekilas macchiato memiliki wujud yang sangat mirip dengan coffee latte. Memang benar, keduanya sama-sama terbuat dari campuran espresso dan susu. Bedanya macchiato menggunakan susu yang telah dikukus (steamed-milk). Urutan penuangan bahan-bahan pembuat macchiato juga berbeda yaitu dimulai dengan menuangkan susu ke dalam gelas, kemudian sirup perasa jika mau, dan diakhiri dengan espresso. Macchiato biasanya disajikan dalam gelas tinggi yang berukuran cukup besar dan tidak diaduk.

Jika Anda tertarik ingin membuat coffee macchiato sendiri, cobalah resep kami sebagai berikut!

cara-membuat-coffee-macchiato.jpg

Bahan-bahan :

  • 100 ml kopi espresso
  • 175 ml susu segar
  • 25 ml sirup vanili
  • 25 ml sirup karamel
  • Es batu secukupnya
  • Cokelat bubuk secukupnya
  • Whipped cream secukupnya

Cara membuat :

  1. Siapkan gelas saji sebagai wadah dari coffee macchiato. Usahakan gelas tersebut memiliki diameter yang cukup lebar dan dindingnya pun berukuran cukup tinggi.
  2. Tuangkan sirup vanili ke dalam dasar gelas. Lalu tambahkan sirup karamel di atasnya.
  3. Kini saatnya memasukkan susu segar secara perlahan-lahan agar tidak bercampur dengan sirup vanili dan sirup karamel tadi.
  4. Masukkan bongkahan-bongkahan es batu di atas susu segar. Kami biasanya menggunakan es batu berbentuk kotak yang ukurannya relatif kecil.
  5. Tambahkan kopi espresso secara perlahan-lahan ke dalam gelas. Usahakan menuangkan kopi ini dengan pelan saja agar terbentuk dua lapisan cairan di dalam gelas tersebut, di mana lapisan susu ada di bawah dan lapisan kopi espresso berada di atasnya.
  6. Semprotkan whipped cream secukupnya ke dalam gelas, lalu taburkan cokelat bubuk untuk mempercantik tampilannya. Perlu diketahui, penyajian coffee macchiato di Italia umumnya tidak menggunakan krim.

Selamat mencoba!

0 Response to "Resep Cara Membuat Coffee Macchiato dengan Mudah"

Posting Komentar