Resep Es Krim Kopi ala Turki

Satu lagi nih, kudapan berbahan baku kopi yang wajib Anda coba. Namanya adalah es krim kopi, karena memang sajian ini dibuat dari es krim ini dibuat dari es krim vanila yang ditambah dengan bubuk kopi. Soal rasanya jangan ditanya lagi ya, perpaduan antara kopi yang kuat dan es krim yang segar. Dijamin deh sedap bin nikmat.

Tahukah Anda, ternyata eh ternyata es krim kopi ini berasal dari Turki lho. Masyarakat setempat memang gemar sekali memakan es krim saat siang hari yang panas serta meminum kopi di waktu pagi dan sore hari. Nah, karena ingin menikmati sajian es krim dan kopi dengan cara yang berbeda, maka tercipta lah camilan yang unik nan enak ini.

Pengen membikin es krim kopi sendiri di rumah? Catat resep dari Kopinian berikut ini!

resep-es-krim-kopi.jpg

Es Krim Kopi Turki Original

Bahan-bahan yang Anda butuhkan :

  • 1 ½ gelas air
  • 2 cangkir gula putih
  • 1 ½ cangkir krim kental
  • 1 ½ cangkir susu
  • 6 butir kuning telur
  • 3 sdm bubuk kopi instan
  • 2 sdm bubuk kopi halus (opsional)

Cara membuat :

  1. Masukkan air dan gula ke dalam panci. Lalu rebus hingga mendidih dengan api yang sedang hingga terbentuk sirup gula yang agak kental.
  2. Tuangkan sirup gula tadi ke dalam double boiler. Kemudian tambahkan pula krim dan susu. Kocok sampai bahan-bahan ini tercampur rata. Selanjutnya tambahkan juga kuning telur, lalu kocok sekali lagi. Anda bisa membeli double boiler di www.alatperabotan.com.
  3. Hasil kocokan tersebut direbus menggunakan api yang kecil sambil terus diaduk agar tidak gosong dan matang secara merata. Proses ini akan membentuk lapisan custard yang kian menebal. Setelah 10 menit, cek apakah sudah matang dengan menempelkan sendok ke custard. Tandanya kalau sudah matang ialah custard bisa menempel ke bagian belakang sendok.
  4. Siapkan bubuk kopi ke dalam mangkuk. Tuangkan custard ke dalam mangkuk tadi melalui saringan. Aduk bahan-bahan ini agar kopi menyatu dengan custard. Biarkan selama beberapa menit agar suhunya normal kembali.
  5. Setelah temperatur mangkuk menjadi normal, Anda bisa memasukkannya ke dalam freezer. Es krim kopi ala Turki akan jadi dalam delapan jam kemudian. Selamat menunggu. Jangan lupa nikmati es krim ini bersama orang-orang tercinta ya!

0 Response to "Resep Es Krim Kopi ala Turki"

Posting Komentar