Cara Ampuh Menghilangkan Noda Kopi di Karpet

Bagaimana cara menghilangkan noda kopi di karpet yang ampuh? Salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan di weekend adalah berkumpul bersama keluarga besar di rumah. Bayangkan kita bisa menikmati waktu yang begitu berharga tersebut sambil menikmati secangkir kopi. Sensasi rasa dan aroma kopi yang sangat khas tentu bisa menghangatkan suasana di dalamnya.

Masalah muncul ketika ada salah satu anggota keluarga yang tanpa sengaja menumpahkan minuman kopi hingga mengenai permukaan karpet. Seperti kita tahu, air kopi begitu pekat sehingga akan menghasilkan noda membandel yang susah dihilangkan. Apalagi jika karpet di rumah Anda terbuat dari bahan yang mudah menyerap air, siap-siap deh Anda bakal dibuat pusing tujuh keliling untuk membersihkannya.

cara-menghilangkan-noda-kopi.jpg

Eits, tapi itu dulu! Kini sudah ada langkah yang ampuh untuk menghapus noda kopi yang menempel di permukaan karpet. Mau tahu bagaimana triknya?

Alat dan Bahan :

  • Kain handuk
  • Baking powder
  • Air hangat
  • Air dingin
  • Deterjen
  • Sikat

Langkah-langkah :

  1. Apabila Anda kebetulan melihat ada tumpahan air kopi yang mengenai karpet, Anda harus menyekanya sesegera mungkin menggunakan kain handuk. Jangan pernah menggosok-gosokkan kain handuk ke tumpahan tersebut sebab justru akan membuat nodanya semakin melebar. Gerakan membersihkan yang benar ialah menekan-nekan tumpahan air kopi agar terserap ke dalam kain handuk sampai mengering.
  2. Semakin Anda cepat mencuci karpet yang terkena tumpahan air kopi, semakin mudah pula Anda menghilangkan noda yang ditimbulkannya. Namun jika hal ini tidak mungkin dilakukan dengan alasan tertentu, Anda bisa mencegah noda semakin melebar. Caranya taburkan saja 1 sendok makan baking powder tepat di atas permukaan tadi. Hindari menggunakan cuka karena bisa merusak serat kain.
  3. Setelah Anda berhasil melepaskan karpet dari ruang tamu/ruang keluarga dan membawanya ke tempat pencucian, kini saatnya mencuci karpet tersebut. Caranya dimulai dengan menyiapkan air yang kondisinya hangat-hangat kuku. Lalu celupkan permukaan karpet yang terkena noda ke air hangat ini selama beberapa kali.
  4. Setelah itu, oleskan deterjen secukupnya di atas permukaan karpet yang bernoda. Ambil sikat yang berbulu halus, lalu gosokkan sikat ini ke permukaan karpet dengan gerakan yang searah dan agak diangkat. Ulangi proses penyikatan ini selama beberapa kali agar noda di karpet berhasil dihapuskan.
  5. Siapkan air dingin di dalam ember. Rendamlah permukaan karpet yang telah disikat tadi ke dalam air dingin selama 30-45 menit. Dengan air dingin, deterjen akan bereaksi lebih aktif dalam menghilangkan noda.
  6. Sebagai langkah terakhir, Anda bisa membilas karpet yang telah dicuci ini di air yang mengalir. Periksa hasil pekerjaan Anda. Bila noda kopi masih agak terlihat, Anda bisa mengulangi langkah-langkah di atas sekali lagi.

Semoga berhasil!

0 Response to "Cara Ampuh Menghilangkan Noda Kopi di Karpet"

Posting Komentar