Cara Membuat Kopi Espresso dengan Moka Pot

Bagaimana cara membuat kopi espresso dengan moka pot? Moka pot adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk membantu menyeduh kopi. Moka pot diklaim sebagai cikal bakal dari mesin pembuat espresso modern. Kopi yang diseduh menggunakan moka pot mempunyai cita rasa yang mirip seperti espresso, tetapi lebih kental.

Pada dasarnya, moka pot tersusun atas tiga bagian. Bagian dasar berguna sebagai wadah penyimpanan air. Bagian tengah berfungsi sebagai filter dan dipakai untuk tempat menyimpan kopi bubuk. Dan bagian ketiga merupakan bagian yang menampung kopi yang sudah jadi. Supaya Anda lebih pede dalam menggunakan mokat pot, simak baik-baik petunjuk pembuatan kopi espresso memakai moka pot berikut ini!

Alat dan Bahan :

  • Moka pot
  • Bubuk kopi
  • Cangkir

membuat-kopi-dengan-moka-pot.jpg

Cara membuat :

Langkah 1. Pengisian Air Panas

Dalam menyeduh kopi menggunakan moka pot, Anda sebaiknya memakai air panas agar suhunya tetap stabil sehingga berpengaruh pada kualitas rasa dan aroma kopi yang terjaga dengan baik. Hindari menggunakan air minum bersuhu normal atau air dingin karena akan menimbulkan bau gosong akibat lonjakan temperatur secara drastis yang terjadi selama proses penyeduhan. Adapun jumlah air yang perlu dimasukkan ke dalam moka pot cukup sampai batas ukurannya. Batas tersebut biasanya ditandai dengan bentuk menyerupai sekrup.

Langkah 2. Penambahan Bubuk Kopi

Bubuk kopi yang paling bagus untuk diseduh menggunakan moka pot adalah bubuk kopi yang ukuran kekasarannya berada di tingkat medium. Jadi bubuk kopi tersebut tidak terlalu halus maupun terlalu kasar. Bila Anda bingung, Anda bisa meniru ukuran bubuk garam dapur halus. Pemakaian bubuk kopi yang berukuran terlalu halus atau terlalu kasar bisa menyebabkan timbulnya luapan.

Langkah 3. Pemasangan Semua Bagian

Pasang bagian kedua dari moka pot yang berisi bubuk kopi di atas bagian pertama yang telah berisi air panas. Kemudian pasang bagian ketiga di posisi yang paling atas. Cek sekali lagi untuk memastikan semua bagian dari mokat pot ini sudah terpasang dengan cukup kuat. Pastikan pula tidak ada bagian yang kendur sebab bisa membahayakan Anda sendiri. Setelah itu, taruh moka pot tadi di atas kompor dan nyalakan api dengan ukuran yang sedang.

Langkah 4. Penyeduhan Kopi

Selama proses brewing kopi tengah berlangsung, Anda harus selalu berada di depan dan mengawasinya. Jangan pernah ditinggal karena berbahaya dan mengakibatkan kualitas kopi bisa rusak bila tidak ditangani dengan baik. Apabila air kopi sudah tampak keluar dari pipa, Anda bisa segera memasang tutup dari moka pot. Tunggu selama beberapa saat hingga moka pot mulai mengeluarkan suara gemuruh dan getaran. Jika sudah, segera matikan nyala api pada kompor. Tunggu sebentar lagi sampai moka pot tidak bergemuruh atau bergetar lagi.

Langkah 5. Penyajian Kopi

Anda bisa membuka penutup moka pot. Jangan sungkan untuk menikmati semua aroma yang ditimbulkannya. Tanda bahwa Anda sukses membuat kopi dengan moka pot ialah ada banyak krema yang bermunculan di atas kopi. Silakan tuangkan air kopi tersebut ke dalam cangkir saji Anda. Selamat menikmati.

0 Response to "Cara Membuat Kopi Espresso dengan Moka Pot"

Posting Komentar