Cara Membuat Turkish Coffee yang Benar

Bagaimana cara membuat turkish coffee? Salah satu teknik penyajian minuman kopi yang paling tua di dunia adalah turkish coffee. Diketahui turkish coffee sudah ada pada abad sekitar ke 15-16 M. Metode yang digunakan begitu unik dan tidak bisa dijumpai di belahan dunia manapun. Dalam membuat kopi ini, kita menggunakan bubuk kopi yang sangat halus serta alat penyeduh kopi yang disebut ibriks.

Ibriks merupakan alat berbentuk pot yang terbuat dari tembaga dan dilengkapi dengan pegangan yang biasanya berbahan kayu. Ibriks juga dikenal dengan sebutan cezve. Alat ini didesain memiliki bagian dasar yang lebar dan terus menyempit hingga ke atas. Pemakaian bubuk kopi yang super halus yang diseduh di dalam ibriks mampu menghasilkan minuman kopi yang memiliki tekstur kental dengan rasa yang sangat kuat.

cara-membuat-turkish-coffee.jpg

Apakah Anda tertarik untuk membuat turkish coffee sendiri? Jika iya, ikutilah resep berikut ini!

Alat dan Bahan :

  • Ibriks
  • 1 cangkir air panas
  • 2 sdm bubuk kopi Turki
  • Gula secukupnya

Langkah-langkah :

  1. Siapkan bubuk kopi Turki. Bubuk ini memiliki ukuran yang sangat halus menyerupai tepung. Jika Anda kesulitan mendapatkannya, Anda bisa menggiling biji kopi sendiri hingga menghasilkan bubuk kopi yang berukuran halus sekali.
  2. Siapkan ibriks. Tuangkan kira-kira 5 sendok makan air panas ke dalamnya, lalu ratakan hingga membasahi seluruh permukaan bagian dalamnya.
  3. Tambahkan bubuk kopi dan gula ke dalam ibriks. Di negara asalnya, turkish coffee mempunyai rasa yang tidak begitu manis karena lebih menonjolkan sensasi kopinya.
  4. Tuangkan seluruh air panas ke dalam ibriks. Kemudian aduklah bahan-bahan ini supaya tercampur rata.
  5. Letakkan ibriks di atas kompor. Nyalakan api dengan ukuran yang sedang. Rebuslah selama kurang lebih 4 menit.
  6. Perhatikan kondisi air rebusan kopi di dalam ibriks. Seiring dengan naiknya temperatur air tersebut, busa yang dihasilkan akan semakin banyak. Mendekati waktu didihnya, Anda bisa memindahkan beberapa buih yang dihasilkan ke dalam cangkir memakai sendok.
  7. Setelah air kopi benar-benar mendidih, tuangkanlah ke dalam cangkir hingga memenuhi 1/3 dari total volume cangkir. Sedangkan sisa air kopi yang masih ada di ibriks bisa direbus kembali selama 20 detik.
  8. Barulah setelah air kopi mendidih kembali pada rebusan kedua ini, seluruh air kopi tersebut dituangkan ke dalam cangkir. Aduk sebentar air kopi di dalam cangkir. Sajikan.

1 Response to "Cara Membuat Turkish Coffee yang Benar"

  1. Untuk mencari bubuk kopinya dimana ya? artikel yang menarik

    BalasHapus