Langkah-langkah Cara Menggunakan Vietnam Drip

Bagaimana cara menggunakan vietnam drip? Anda pasti sepakat kalau minuman kopi merupakan salah satu minuman terbaik di dunia. Namun tahukah Anda, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat minuman yang satu ini? Selain menyeduhnya secara manual, kita juga bisa menggunakan alat penyeduh kopi khusus yang mampu menghasilkan minuman dengan sensasi tersendiri.

Masyarakat di Vietnam biasa menyeduh minuman kopi memakai alat yang bernama Vietnam Drip. Dengan menggunakan alat ini, minuman kopi yang dihasilkan akan terasa kuat sekali dan mengandung kaya rasa. Itulah kenapa, saat ini Vietnam Drip banyak digunakan di berbagai kafe di Indonesia. Selain Vietnam Drip, beberapa alat peracik kopi yang cukup populer yaitu pour over, french press, syphon, moka pot, dan lain-lain.

Pada dasarnya, penggunaan Vietnam Drip dilakukan dengan menaruh gelas kecil di atasnya terlebih dahulu. Lalu tambahkan 2-3 sendok makan bubuk kopi ke dalam saringan dan masukkan lempengan perak yang berlubang-lubang. Setelah itu, tekanlah bubuk kopi supaya memadat ke bagian dasar saringan. Barulah kemudian Anda bisa menungkan air panas sebanyak 20 ml ke dalam saringan serta tunggu selama 20 detik.

Proses berikutnya adalah menambahkan 100 ml air panas ke dalam alat ini. Lalu segera pasang penutup yang ada di bagian atas alat penyaring untuk menjaga suhu panasnya. Kini proses penyeduhan pun mulai berjalan. Air panas yang telah bercampur dengan bubuk kopi lantas akan menetes sedikit demi sedikit melalui saringan menuju ke dalam gelas yang ada di bawahnya.

cara-menggunakan-vietnam-drip.jpg

Nah, biar Anda lebih paham dengan penjelasan di atas, yuk langsung praktek sendiri dengan panduan di bawah ini!

Alat dan Bahan :

  • Vietnam drip
  • Timbangan digital
  • Grinder
  • Teko
  • Biji kopi segar

Langkah-langkah :

  1. Siapkan biji kopi segar sebanyak 15 gram. Sebaiknya Anda menggunakan timbangan digital karena mempunyai tingkat keakuratan yang lebih tinggi daripada timbangan manual. Anda bisa membeli timbangan digital yang bagus di Toko AlatPerabotan.com.
  2. Gilinglah biji kopi tersebut menggunakan grinder kopi. Atur tingkat kekerasan hasilnya ke level medium. Jika bubuk kopi terlalu halus, tekanan vietnam drip akan menjadi terasa berat dan tetesan air kopi pun akan semakin lama.
  3. Masukkan bubuk kopi tadi ke dalam vietnam drip. Jika perlu, Anda bisa menggoyang-goyangkan sebentar untuk meratakan permukaannya. Setelah itu, masukkan saringan/tutup pertama tanpa perlu menekannya.
  4. Tuangkan air panas yang bersuhu 90 derajat celsius ke dalam vietnam drip sebanyak 25 ml, lalu tunggu sekitar 20-30 detik. Proses ini dinamakan pre infusion. Barulah kemudian Anda bisa memasukkan kembali air panas sisanya sebanyak 200 ml dan pasang penutupnya.
  5. Biarkan air kopi mengalir turun ke dalam gelas. Kini Anda pun dapat menikmati secangkir minuman kopi tersebut. Ingat, sebelum diminum, kopi perlu diaduk terlebih dahulu ya biara cita rasanya merata.

0 Response to "Langkah-langkah Cara Menggunakan Vietnam Drip"

Posting Komentar