Perhatikan 5 Tips Memilih Mesin Grinder Biji Kopi Ini!

Pernahkah Anda merasa ragu-ragu pada saat ingin memilih mesin grinder biji kopi? Ketika Anda ingin membuat secangkir kopi yang nikmat, Anda disarankan menggiling biji kopi sendiri. Kalau bisa hindarilah membeli kopi yang sudah dalam bentuk bubuk. Ada perbedaan sensasi cita rasa dan aroma yang dihasilkan antara secangkir kopi yang terbuat dari biji kopi yang digiling sendiri dengan secangkir kopi dari bubuk kopi instan.

Jadi mesin grinder adalah perangkat wajib yang harus dimiliki oleh setiap penikmat kopi. Akan tetapi memilih mesin grinder yang bagus ternyata tidak terlalu mudah. Ada begitu banyak aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum Anda bisa memutuskan mana grinder yang paling cocok. Tak perlu kesulitan dalam mencari grinder, sebab di Toko AlatPerabotan.com ada banyak pilihan model grinder yang ditawarkan. Namun banyaknya pilihan grinder ini juga terkadang menimbulkan kebingungan tersendiri.

cara-memilih-coffee-grinder.jpg

Biar tidak bingung lagi, ikutilah saran-saran pemilihan grinder berikut ini!

  1. Tentukan Jenis Grinder yang Tepat

Tahukah Anda, grinder saat ini dirancang dengan desain yang berbeda-beda. Berdasarkan alat pemotongnya, terdapat dua jenis grinder yaitu grinder pisau dan grinder burr. Grinder pisau biasanya dibanderol dengan harga yang lebih murah daripada grinder burr. Sayangnya, Anda tidak bisa mengatur tingkat kehalusan bubuk kopi yang dihasilkan oleh grinder pisau. Bila Anda mempunyai anggaran yang cukup banyak, cobalah membeli grinder yang menggunakan burr.

  1. Tingkat Kehalusan Bubuk yang Dihasilkan

Setidaknya ada tiga tingkat kehalusan bubuk kopi antara lain halus, medium, dan kasar. Anda membutuhkan bubuk kopi dengan tingkat kehalusan yang berbeda-beda ketika ingin menyeduhnya memakai alat pembuat kopi seperti french press, moka pot, syphon, dan lain-lain. Usahakan pilihlah grinder yang menawarkan bermacam-macam tingkat kehalusan bubuk kopi yang mampu dibuatnya. Semakin banyak ragam levelnya akan semakin baik. Tetapi bila Anda hanya berniat menyeduh kopi secara manual, Anda tidak perlu memperhatikan fitur ini.

  1. Banyaknya Kapasitas yang Bisa Ditampung

Besar kapasitas mesin harus disesuaikan dengan jumlah biji kopi yang Anda perlukan dalam sekali penggilingan pada suatu waktu. Jangan sampai kapasitas mesin ini kekecilan atau malah terlalu besar karena bisa menyulitkan Anda dalam menakar jumlah kebutuhan biji kopi. Selalu ambil grinder yang mempunyai kapasitas sesuai kebutuhan sehingga bisa menghemat waktu.

  1. Besar Kebutuhan Listriknya

Dibandingkan dengan grinder manual, grinder elektronik saat ini lebih banyak digemari karena bersifat praktis. Pemilihan grinder elektronik ini perlu disesuaikan dengan kapasitas energi listrik yang dibutuhkannya. Perhatikan pula kesesuaian antara kebutuhan listrik perangkat tersebut dengan jumlah listrik di rumah Anda. Sebaiknya pilih grinder yang menggunakan listrik dalam jumlah yang kecil, meskipun Anda harus memprosesnya sebanyak dua kali. Hindari membeli mesin yang memerlukan listrik dalam jumlah yang sangat besar sehingga berpotensi membahayakan rumah tinggal Anda.

  1. Ada Tidaknya Wadah Penampung Hasil

Ada banyak mesin grinder yang telah dilengkapi dengan wadah penampung hasil gilingan kopi, tetapi tidak sedikit pula yang belum. Kami lebih menyarangkan grinder yang sudah mempunyai wadah penampung sehingga penggunaannya jauh lebih praktis. Wadah penampung ini juga biasanya didesain dengan bentuk yang khusus sehingga akan meningkat nilai dari perangkat grinder Anda.

  1. Fitur Mati secara Otomatis

Perangkat grinder pada umumnya memiliki fitur-fitur yang bisa membantu kelancaran proses penggilingan biji kopi. Salah satu fitur yang sangat menarik adalah auto turn-off. Dengan fitur ini, mesin secara otomatis akan berhenti sendiri ketika semua biji kopi di dalamnya sudah digiling. Jadi Anda bakalan lebih santai dalam menggunakan grinder ini karena tidak perlu diawasi secara terus-menerus.

0 Response to "Perhatikan 5 Tips Memilih Mesin Grinder Biji Kopi Ini!"

Posting Komentar