Membuat Es Krim Kopi Tanpa Peralatan Khusus

Apakah Anda ingin membuat es krim kopi tanpa peralatan khusus? Es krim merupakan makanan beku yang terbuat dari campuran produk susu, perasa, dan pemanis. Karena tinggal di daerah yang beriklim tropis, sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai es krim. Tak heran, ada banyak variasi rasa dari es krim. Yang sedang populer saat ini ialah es krim rasa kopi.

Sayangnya proses pembuatan es krim perlu menggunakan peralatan khusus sehingga lebih mudah. Namun Anda jangan salah sangka dahulu. Ternyata nih es krim juga bisa dibikin secara manual memakai alat-alat yang biasa ada di rumah kita. Rahasianya terletak pada pencegahan terjadinya pembentukan bongkahan kristal es yang berukuran besar ketika adonan sudah siap untuk didinginkan dengan memutarnya secara konstan.

membuat-es-krim-kopi.jpg

Tidak percaya? Buktikan sendiri dengan mengikuti panduan pembuatan es krim di bawah ini!

Alat dan Bahan :

  • Susu
  • Krim
  • Gula
  • Bubuk kopi
  • Kuning telur
  • Mangkuk
  • Wadah stainless steel
  • Es batu
  • Freezer

Langkah-langkah :

  1. Masukkan susu, krim, dan gula ke dalam wadah stainless steel. Lalu aduklah beberapa saat menggunakan alat pengocok telur atau mixer. Setelah adonan cukup mengembang, Anda bisa menambahkan kuning telur. Aduklah adonan tersebut sekali lagi hingga benar-benar mengembang.
  2. Masukkan bongkahan-bongkahan es batu ke dalam mangkuk. Letakkan wadah stainless steel yang telah berisi adonan es krim di atas mangkuk tersebut. Aduklah adonan es krim tersebut dengan gerakan berputar searah jarum jam dan terus-menerus hingga suhunya cukup dingin.
  3. Pasanglah penutup pada wadah berisi adonan es krim tadi. Masukkan ke dalam freezer di suhu yang paling dingin. Biarkan adonan tersebut membeku selama 45 menit.
  4. Setelah itu, keluarkan adonan es krim dari freezer. Gunakan spatula untuk mengikis bagian pinggir adonan yang telah membeku. Jangan lupa aduklah adonan tersebut seperlunya ke dalam sisa adonan.
  5. Masukkan adonan es krim ke dalam freezer, lalu biarkan selama 30 menit. Kemudian ulangi lagi langkah keempat di atas dengan mengeluarkan adonan dan mengaduknya menggunakan spatula. Tujuannya untuk mencegah pembentukan kristal es sehingga es krim buatan Anda mempunyai tekstur yang lembut. Ulangi proses ini sebanyak 5-6 kali sehingga adonan memiliki ketebalan yang cukup.
  6. Setelah dirasakan tekstur es krim sudah cukup lembut, kini saatnya untuk memasukkan bubuk kopi ke dalam adonan. Taburkanlah bubuk kopi ini dengan jumlah sesuai selera Anda dan jenis kopi yang digunakan. Jangan lupa aduk selama beberapa saat agar bubuk kopi tercampur dengan adonan es krim secara merata.
  7. Masukkan kembali adonan es krim kopi ini ke dalam freezer. Biarkan selama 1 jam supaya membeku. Barulah kemudian Anda bisa menikmati sajian es krim kopi tersebut bersama orang-orang tercinta.

0 Response to "Membuat Es Krim Kopi Tanpa Peralatan Khusus"

Posting Komentar