Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Kopi Hijau

Apakah kelebihan dan kekurangan kopi hijau? Kopi hijau (green coffee) merupakan biji tanaman kopi yang belum melewati proses pemanggangan. Perlu Anda ketahui, proses pemanggangan bertujuan untuk meningkatkan aroma khas kopi. Tetapi di sisi lain, proses ini akan mengurangi jumlah asam klorogenat yang terkandung di dalamnya. Jadi biji kopi hijau yang sama sekali tidak dipanggang ini mengandung asam klorogenat lebih tinggi ketimbang biji kopi yang telah dipanggang.

Kini kopi hijau sering kali dijadikan sebagai menu andalan kafe dan kedai kopi di Indonesia. Popularitas kopi ini begitu meningkat tajam hingga mampu mengalahkan kopi hitam yang sudah terkenal lebih dahulu. Biasanya masyarakat mengonsumsi minuman berbahan dasar kopi hijau untuk mendukung kesehatannya. Selain itu, minuman kopi hijau juga mempunyai sensasi yang tidak biasa, baik dari rasa maupun aromanya.

kelebihan-kekurangan-kopi-hijau.jpg

KELEBIHAN

Berikut ini kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh kopi hijau antara lain :

  1. Kopi hijau mengandung kafein yang lebih sedikit daripada kopi biasa. Tahukah Anda, semua biji kopi yang telah dipanggang memiliki kandungan kafein sekitar 100 mg/cangkir. Berbeda dengan kopi hijau, karena belum dipanggang, kandungan kafeinnya hanya berkisar 14- 60 mg/cangkir. Hal ini dikarenakan proses pemanggangan lah yang dapat memunculkan senyawa kafein.
  2. Kopi hijau mempunyai kandungan nutrisi yang lebih banyak ketimbang kopi biasa. Kopi hijau mengandung polifenol dan asam klorogenat yang tinggi menyerupai teh hijau dan anggur. Kedua zat ini sangat berguna untuk membantu menetralisir zat radikal bebas berbahaya di tubuh. Sementara itu, kandungan asam klorogenat di dalam biji kopi biasa sangat terbatas karena pemanggangan.
  3. Kopi hijau juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Ini disebabkan zat klorogenat pada kopi hijau akan membuat sistem pencernaan di tubuh akan menyerap lemak dalam waktu yang lebih lambat. Manfaat lain dari zat klorogenat ialah menjaga kadar dalam di tubuh dan mencegah tekanan darah tinggi.

KEKURANGAN

Sedangkan untuk kekurangan-kekurangan kopi hijau di antaranya :

  1. Kopi hijau mempunyai rasa dan aroma yang kurang mantap. Sensasi yang dimiliki oleh minuman kopi hijau sangat lemah, terutama bagi mereka yang sudah terbiasa meminum kopi hitam. Bahkan tidak menutup kemungkinan bagi beberapa orang rasa kopi hijau ini tidak enak. Kami sarankan untuk mengonsumsi kopi hijau hanya sebagai suplemen alami untuk mendukung kesehatan tubuh Anda.
  2. Kopi hijau juga masih memiliki efek samping seperti halnya pada kopi biasa jika dikonsumsi secara berlebihan. Dampak buruk yang bisa ditimbulkan akibat terlalu banyak meminum kopi hijau yaitu insomnia, gugup, gelisah, sakit perut, mual, dan muntah. Anda juga bisa mengalami sesak napas, detak jantung tidak teratur, telinga berdengung, dan sakit kepala. Disarankan mengonsumsi kopi hijau maksimal sebanyak 200 mg/5 kali sehari per 3 bulan

0 Response to "Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Kopi Hijau"

Posting Komentar