4 Tips Menjadi Seorang Barista yang Handal

Apakah Anda ingin menjadi seorang barista yang handal? Barista adalah nama pekerjaan untuk seseorang yang bertugas meracik, membuat, dan menyajikan minuman kopi kepada pelanggan. Seiring dengan ramainya masyarakat yang menghabiskan waktu santainya di kafe, tenaga seorang barista pun semakin banyak dibutuhkan. Bagi Anda yang mengaku sebagai pencinta kopi sejati dan kebetulan saat ini tengah mencari pekerjaan, Anda bisa mencoba peruntungan dengan menjadi barista di kafe.

Pekerjaan seorang barista memang kelihatannya cukup mudah. Anda sepertinya hanya perlu membuat kopi sesuai permintaan pelanggan, lalu menyajikannya. Namun pada kenyataannya tidak segampang itu untuk menjadi barista yang handal. Anda juga memerlukan keterampilan yang tinggi serta seni untuk dapat meracik kopi dengan baik. Banyaknya jenis kopi dan alat-alat pendukung yang digunakan bahkan mampu membingungkan diri Anda sendiri. Perlu diketahui, proses penyeduhan kopi sangat berpengaruh terhadap kualitas minuman kopi yang Anda buat.

tips-menjadi-barista-handal.jpg

Catat tips-tips penting di bawah ini kalau Anda pengen jadi barista yang dapat memuaskan hati semua pelanggan!

  1. Pahami Kopi Seutuhnya

Kopi tidak hanya sekadar tentang biji kopi yang dikeringkan, digiling agar halus, dan diseduh menggunakan air panas menjadi sebuah minuman. Namun jika ingin menjadi barista hebat, Anda perlu memahami semua seluk-beluk tentang kopi. Tentunya sebagai penggemar kopi, setiap informasi yang berkaitan dengan kopi pasti akan menarik untuk Anda.

Khusus Anda yang masih pemula, cobalah pelajari jenis-jenis kopi, asal daerah kopi, proses panen dan pascapanen, serta karakteristik roasting masing-masing kopi. Sedangkan bagi Anda yang sudah mahir, Anda harus terus mengasah kemampuan dalam melakukan pengujian cita rasa kopi secara tepat. Intinya kalau ingin terus berkembang, Anda jangan pernah merasa berpuas diri sebab justru mengakibatkan timbulnya zona nyaman yang akan mengurung diri Anda.

  1. Coba Mesin Terbaru

Zaman sudah maju, proses pembuatan minuman kopi pun terus mengalami perkembangan. Saat ini sudah banyak sekali mesin yang diciptakan untuk membantu Anda menyeduh kopi dengan baik. Mesin yang paling utama tentunya adalah mesin espresso. Alat ini dapat membantu Anda menghasilkan espresso yang nikmat dengan lebih mudah. Selain mesin espresso, terdapat beberapa lagi mesin pembuat kopi yang cukup fenomenal.

Nah, kecakapan Anda sebagai seorang barista nantinya juga akan dinilai dari seberapa banyak mesin kopi yang mampu Anda operasikan dengan baik. Kalau Anda sudah merasa cukup hanya menguasai beberapa alat tertentu saja, Anda sendiri yang nanti bakal kebingungan saat akan membuat minuman kopi dengan variasi yang lain. Teruslah mengasah kemampuan Anda dengan mencoba berbagai jenis mesin kopi yang ada. Jangan pernah takut mengalami kegagalan saat percobaan karena Anda itu sangat wajar.

  1. Jalin Hubungan Harmonis

Barista tidak hanya bertugas di balik layar, ada kalanya seorang barista harus menyajikan sendiri minuman buatannya kepada para pengunjung kafe. Ingat bahwa kesan pertama sangatlah penting. Kuasai diri Anda dengan baik dan berikan pelayanan yang tulus kepada pelanggan. Cobalah bersikap ramah dan ajak mereka ngobrol sesekali untuk memperdalam hubungan Anda dengan para kostumer.

Minuman kopi tentunya akan terasa semakin nikmat saat diracik dengan penuh cinta. Pastikan pelanggan merasakan cinta Anda dari kopi yang diminumnya lewat pemberian pelayanan yang terbaik. Kalau perlu, Anda bisa membuatkan minuman kopi dengan tampilan yang spesial khusus untuknya. Misalnya saat pelanggan tersebut sedang berulangtahun, Anda bisa membuatkan latte art bertuliskan Happy Birthday. Meskipun tampak sederhana, tetapi pengalaman seperti ini akan melekat di hati pelanggan.

  1. Pahami Bisnis Kopi

Sekali lagi kami ingatkan, jangan pernah merasa puas dengan apa yang telah Anda raih selama ini. Hal ini dapat membuat kita terus berkembang dan maju. Anda mungkin saat ini hanya bekerja sebagai seorang barista. Namun siapa tahu dalam kurun waktu 3-5 tahun ke depan Anda sudah mempunyai coffee shop sendiri.

Jadi teruslah belajar khususnya tentang kopi. Barista yang handal pantang untuk cepat puas dengan kemampuannya. Anda harus mengembangkan diri terus-menerus untuk menunjang karir Anda di masa yang akan datang. Satu topik yang wajib dipelajari adalah bisnis coffee shop itu sendiri. Bagaimana memulai bisnis ini dan apa saja faktor-faktor yang mendukung keberhasilannya.

0 Response to "4 Tips Menjadi Seorang Barista yang Handal"

Posting Komentar