Daftar Karakteristik Kopi-kopi di Indonesia

Bagaimana karakteristik kopi di Indonesia? Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Bahkan kualitas kopi dari negara kita ini sudah diakui seantero jagat raya. Paling tidak terdapat sepuluh jenis kopi unggulan di Indonesia menurut asal daerahnya. Menariknya ialah setiap macam-macam kopi tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang rasanya menyerupai cokelat, rempah-rempah, susu, buah, permen, sirup, vanili, kacang, dan lain-lain.

karakteristik-kopi-indonesia.jpg

Terdapat tiga faktor yang paling mempengaruhi karakteristik suatu kopi antara lain tingkat kekentalan (body), tingkat keasaman (acidity), dan rasa (flavour). Perlu Anda ketahui, kondisi alam yang menjadi tempat menanam tumbuhan kopi berperan penting dalam menimbulkan karakteristik tersebut. Biasanya body kopi berbanding terbalik dengan tingkat keasamannya. Beberapa orang menggemari kopi yang pekat, namun tidak sedikit pula yang lebih suka dengan kopi ringan.

Di bawah ini tabel kopi-kopi yang terkenal di Indonesia dan karakteristik yang dimilikinya!

tabel-karakteristik-kopi-indonesia.jpg

Dapat Anda perhatikan dari data yang ada di dalam tabel di atas, masing-masing kopi mempunyai body, flavour, dan acidity yang berbeda-beda. Meskipun jenis tanaman kopi yang dibudidayakan sama-sama merupakan kopi arabika atau kopi robusta, tetapi penanaman di tempat yang berbeda mampu menciptakan karakteristik yang beda pula. Dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa penanaman kopi harus memperhitungkan keadaan alam supaya hasilnya memuaskan. Dan untuk Anda penikmat minuman kopi, teruslah bereksplorasi untuk menemukan kopi dengan cita rasa sesuai selera Anda.

0 Response to "Daftar Karakteristik Kopi-kopi di Indonesia"

Posting Komentar