3 Penyakit Utama yang Menyerang Tanaman Kopi

Apa sajakah penyakit yang menyerang tanaman kopi? Ada banyak sekali penyakit-penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman kopi hingga mengakibatkan kematian. Kebanyakan dari penyakit tersebut disebabkan oleh aktivitas jamur. Jamur-jamur akan tumbuh subur pada perkebunan kopi yang memiliki keadaan lingkungan yang lembab. Pengendalian secara tepat dan cepat disinyalir dapat menolong tanaman kopi.

Setidaknya terdapat tiga penyakit utama yang menyerang utama. Disebut demikian karena penyakit-penyakit inilah yang paling sering mengganggu kesehatan tanaman kopi hingga memberikan dampak yang sangat serius. Di antaranya yaitu penyakit karat daun, penyakit akar cokelat, dan penyakit jamur upas. Meskipun ketiganya sama-sama dipicu oleh serangan jamur, namun jenis jamur yang menyerang berbeda-beda.

penyakit-utama-tanaman-kopi.jpg

Penyakit Karat Daun

Penyakit karat daun ini disebabkan oleh jamur Hemileia vastatrix. Jamur tersebut akan membentuk spora dalam jumlah yang sangat banyak. Kemudian spora-spora akan masuk ke dalam jaringan daun untuk melakukan penetrasi. Permukaan bagian bawah daun kopi lantas mengalami infeksi pertama kali. Hal ini ditandai dengan munculnya bercak-bercak berwarna kuning muda yang lambat laun berubah warna menjadi kuning tua yang mengandung semacam tepung berwarna jingga cerah. Selanjutnya daun yang terserang jamur tersebut akan berguguran hingga mengakibatkan tanaman kopi menjadi gundul.

Faktor-faktor yang mempengaruhi penyebaran spora jamur Hemileia vastatrix antara lain :

  1. Air hujan
  2. Angin
  3. Umur daun
  4. Jumlah buah

Penyakit Akar Cokelat

Penyebab penyakit akar cokelat pada tanaman kopi adalah jamur Phellinus noxius. Jamur ini akan menular dari satu tanaman ke tanaman lainnya melalui kontak antara akar. Tanaman kopi yang terkena penyakit akar cokelat menunjukkan gejala seperti daun yang sakit menguning, kondisinya layu, kemudian rontok. Bagian akarnya terbungkus oleh butiran-butiran tanah yang menempel sangat kuat sehingga sulit terlepas meskipun sudah dicuci atau disikat. Jika diamati secara cermat, terdapat jaringan jamur berwarna cokelat tua sampai cokelat kehitaman di butiran-butiran tanah tersebut. Penyakit akar cokelat diketahui sering menyerang perkebunan kopi yang tidak diolah dengan baik pada saat pembukaan awal.

Penyakit Jamur Upas

Penyakit jamur upas tidak lain disebabkan oleh jamur Upasia salmonicolor. Jamur ini biasanya menginfeksi bagian percabangan tanaman atau sisi bawah cabang dan ranting. Serangan dimulai dari fase rumah laba-laba dengan terbentuknya miselium tipis mengkilat menyerupai sutera atau perak. Selanjutnya fase tersebut berkembang menjadi fase bongkol, lalu berkembang lagi menjadi fase anamorf yang ditandai dengan terbentuknya sporodakium berwarna merah dalam jumlah yang begitu banyak.

Salah satu sumber infeksi penyakit jamur upas adalah tanaman pupuk hijau (Tephrosia candida). Kondisi perkebunan yang lembab, baik karena lingkungannya yang terlalu rimbun maupun curah hujan yang tinggi juga bisa memicu tumbuhnya jamur Upasia salmonicolor. Jadi sanitasi dengan mengurangi kelembaban perkebunan melalui pemangkasan tanaman pelindung atau ranting tanaman kopi yang sudah tidak produktif bisa mencegah timbulnya penyakit ini. Penggunaan fungisida secara tepat bisa dilakukan apabila serangannya sudah terlampau parah.

0 Response to "3 Penyakit Utama yang Menyerang Tanaman Kopi"

Posting Komentar