Fakta-fakta Mencengangkan Tentang Kopi Instan

Tidak sedikit orang yang lebih memilih menyeduh kopi instan daripada kopi segar karena kepraktisan yang dimilikinya. Kita tinggal membuka kemasan produk kopi instan tersebut, menuangkan isinya ke dalam gelas, lalu menambahkan air panas secukupnya. Setelah diaduk selama beberapa saat, secangkir kopi pun telah siap untuk dinikmati. Inilah yang menjadi alasan paling kuat kenapa kopi instan begitu laris manis di pasaran.

Menurut sejarahnya, kopi instan pertama kali lahir pada masa perang dunia. DI waktu tersebut, masyarakat sangat membutuhkan makanan dan minuman yang praktis serta mudah dibuat. Mereka harus menggunakan waktu untuk pekerjaan dapur seminimal mungkin karena alasan keamanan. Tidak mungkin pada masa tersebut orang bisa mengolah biji kopi setiap saat sebab rangkaian prosesnya cukup panjang dan rumit. Dari sinilah kopi instan lahir.

Zaman terus mengalami perkembangan. Begitu pula dengan teknologi kimia yang mampu menciptakan produk kimia yang memiliki rasa, aroma, dan warna mirip seperti bahan-bahan alami. Kini kopi instan yang beredar bukanlah murni seratus persen kopi. Ada banyak sekali bahan kimia yang ditambahkan ke dalam kopi instan tersebut untuk menekan biaya produksi yang dikeluarkan oleh pabrik pembuatnya.

fakta-tentang-kopi-instan.jpg

Anda pasti akan terkejut setelah menyadari fakta-fakta tentang kopi instan berikut ini!

  1. Minuman Rasa Kopi

Tahukah Anda, harga kopi di industri terbilang mahal. Apalagi jika kopi tersebut dijual di pasar internasional. Sekarang Anda bisa bayangkan bagaimana caranya pabrik pembuat kopi instan menghasilkan produk dengan harga yang sangat murah? Jawabannya tidak lain dari bahan-bahan kimia yang memiliki sifat perasa kopi. Jadi bila Anda saat ini tengah meminum secangkir kopi instan artinya Anda sedang meminum minuman yang rasanya kopi, bukan meminum kopi. Hal ini sama seperti ketika Anda sedang meminum sirup.

  1. Pengolahannya Tidak Alami

Cobalah sekali-kali Anda membaca informasi yang ada di bagian belakang kemasan kopi instan. Anda bisa menemukan fakta bahwa banyak sekali bahan-bahan kimia yang ditambahkan ke dalam produk tersebut. Tidak sebatas perasa kopi, tetapi juga pewarna dan pemberi aroma kopi. Beberapa produk kopi instan bahkan menambahkan bahan pengawet karena mungkin pengolahannya tidak begitu baik sehingga takut produknya gampang rusak.

  1. Rasanya Itu-itu Saja

Kopi instan tidak akan memungkinkan Anda dapat mengeksplorasi lebih jauh tentang serba-serbi kopi. Rasa dan aroma kopi instan selalu sama mau diseduh dengan cara apapun. Berbeda dengan kopi yang berasal dari biji kopi segar. Kopi ini memiliki cita rasa dan aroma yang sangat dipengaruhi oleh proses pengolahannya. Anda mungkin akan merasa kaget ketika mendapati biji kopi yang sama akan menghasilkan minuman yang berbeda apabila digiling dengan tingkat kehalusan berbeda atau diseduh dengan metode yang tidak sama.

  1. Tidak Memberikan Pengalaman

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Anda bisa memperoleh pengalaman yang luar biasa ketika harus membuat kopi mulai dari biji segar. Dari pengalaman yang sudah didapatkan, Anda bisa menentukan sendiri bagaimana karakteristik minuman kopi yang sesuai dengan selera Anda. Berbeda cara seduh atau tingkat kehalusan bubuk kopi, berbeda pula karakteristik minuman kopi yang dihasilkan. Namun Anda tidak akan mendapatkan pengalaman yang sama ketika menyeduh kopi instan.

  1. Tidak Mengandung Antioksidan

Kopi memiliki kandungan antioksidan berupa asam klorogenat dalam kadar yang cukup tinggi. Zat tersebut berguna untuk memberikan perlindungan pada tubuh Anda dari radikal-radikal bebas yang sangat berbahaya. Selain itu, antioksidan yang terdapat di kopi ternyata bagus sekali untuk membantu melawan sel penuaan. Tetapi kopi instan tentunya tidak mengandung antioksidan tersebut karena bahan pembuatnya sendiri bukan berasal dari biji kopi yang murni.

1 Response to "Fakta-fakta Mencengangkan Tentang Kopi Instan"

  1. Memang benar. sebaiknya jangan terlalu berlebihan minum kopi instan

    BalasHapus