Tips-tips Meredakan Efek Samping Kopi!

Tidak sedikit orang Indonesia yang suka meminum kopi. Selain karena rasanya yang nikmat, minuman kopi pun mengandung khasiat yang sangat berguna untuk tubuh. Kita akan merasa lebih bersemangat setelah meminum secangkir kopi. Seakan-akan badan kita mendapatkan suntikan tenaga yang sangat besar. Maka tidak heran kalau kopi sering menjadi pilihan utama untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Namun di balik manfaatnya tersebut, minuman kopi ternyata mengandung efek samping juga loh. Apalagi jika Anda meminumnya dalam porsi yang berlebihan. Beberapa efek samping kopi yang kerap dirasakan antara lain pusing, jantung berdebar, berkeringat, gelisah, susah tidur, dan perasaan berubah-ubah. Tentu rasanya sangat tidak menyenangkan apabila kita mengalami efek samping tersebut.

efek-samping-kopi.jpg

Guna mengantisipasi terjadinya efek samping kopi menimpa diri Anda, ada beberapa minuman yang harus diminum setelah Anda meminum kopi.

  1. Air Mineral

Air putih (mineral water) wajib diminum setiap hari dengan jumlah minimal 8 liter/hari. Air putih banyak mengandung mineral yang sangat bagus untuk mendukung fungsi organ di dalam tubuh Anda serta memberikan suplai oksigen ke otak. Itu karenanya, seseorang yang kekurangan air pasti akan lemas. Khusus bagi Anda pencinta kopi, minumlah air putih dalam porsi yang lebih banyak untuk menekan kadar kafein di dalam tubuh. Dijamin deh tubuh Anda tetap akan terasa ringan, segar, dan bugar tanpa mengalami gangguan kesehatan jika rajin meminum air putih.

  1. Susu

Di dalam segelas susu tersimpan berbagai mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda agar bisa tumbuh sempurna. Salah satunya ialah kalsium. Perlu Anda ketahui, kopi memiliki risiko dapat mengurangi kadar kalsium yang terdapat di tulang. Jadi dengan rutin meminum susu, tulang-tulang di dalam tubuh Anda tetap pada keadaan normal. Selain itu, susu juga memiliki kemampuan untuk menetralisir kondisi sistem pencernaan dari makanan atau minuman yang kurang baik seperti makanan pedas, minuman yang terlalu asam, dan minuman kopi. Lebih lanjut, kandungan trytophan pada susu dapat meningkatkan level serotonin sehingga membuat tubuh kita merasa rileks.

  1. Teh

Walaupun sama-sama mengandung kafein, tetapi kadar kafein yang terdapat di dalam teh jauh lebih rendah dibandingkan dengan kopi. Justru khasiat teh sebagai minuman yang dapat menciptakan perasaan menenangkan yang lebih dominan. Anda yang saat ini tengah merasa gelisah akibat terlalu banyak meminum kopi bisa mencoba menyeduh segelas teh hangat. Disarankan pilihlah teh chamomile yang mampu memberikan efek tenang berlebih. Kalau ada madu, silakan tambahkan secukupnya ke dalam minuman teh Anda.

0 Response to "Tips-tips Meredakan Efek Samping Kopi!"

Posting Komentar