5 Tips agar Tidak Kembung Setelah Minum Kopi

Tidak sedikit orang yang mengeluh mengalami kembung setelah meminum kopi. Apa sih penyebab sebenarnya? Secara alami, kopi memang bersifat asam sehingga dapat memicu produksi cairan asam lambung. Ketika cairan asam lambung ini meningkat, maka pada saat yang sama perut akan merasa kembung. Beberapa orang juga merasa susah BAB setelah meminum kopi. Hal ini pula yang membuat perut Anda kembung.
Tidak hanya itu, penambahan gula dan susu yang berlebihan dapat mengakibatkan kembung juga loh. Khususnya pada orang yang alergi terhadap laktosa, susu akan menyebabkan perut merasa kembung sampai diare. Begitu pula dengan gula. Ternyata menambahkan gula secara berlebihan ke dalam minuman kopi justru menyebabkan kondisi ini semakin parah. Makanan dan minuman manis akan memicu timbulnya rasa penuh di dalam perut.
tips-agar-tidak-kembung.jpg
Tetapi Anda tidak perlu terlalu khawatir, rasa kembung setelah meminum kopi ternyata bisa dicegah kok agar tidak terjadi. Berikut ini caranya!
  1. Hindari Minum Kopi saat Perut Kosong
Dilarang keras meminum kopi ketika kondisi perut Anda sedang kosong. Sebab hal ini akan memicu naiknya cairan asam lambung yang kemudian memunculkan gejala perut kembung. Lebih-lebih jika Anda pernah mempunyai riwayat penyakit maag atau asam lambung naik. Meminum kopi sebelum Anda makan akan menimbulkan rasa kembung. Sebaiknya Anda makanlah terlebih dahulu.
  1. Kurangi Penambahan Gula dan Susu
Beberapa orang memang tak terbiasa meminum kopi yang rasanya pahit. Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan gula atau susu untuk menetralisir rasa pahit tersebut. Tapi Anda perlu menambahkan gula secara bijaksana. Tidak hanya dapat memicu rasa kembung, penambahan gula yang terlalu banyak juga akan membuat rasa kopi Anda seperti sirup. Khusus Anda yang intoleransi laktosa, hindari menambahkan susu.
  1. Jangan Langsung Mengaduk Kopi
Kebiasaan buruk orang ketika menyeduh kopi adalah langsung mengaduknya begitu air panas dituangkan ke dalam gelas berisi bubuk kopi. Hal ini sebenarnya salah kaprah karena dapat memicu naiknya kadar CO2 di dalam minuman kopi. Gelembung yang muncul setelah bubuk kopi disiram air panas sebenarnya merupakan karbondioksida yang terperangkap pada biji kopi saat proses penyangraian. Anda sebaiknya mengaduk kopi setelah menunggu sekitar 1 menit.
  1. Hindari Minum Kopi Panas atau Dingin
Minuman kopi yang paling aman bagi lambung ialah minuman kopi yang mempunyai suhu hangat. Minuman kopi yang suhunya terlalu panas atau terlalu dingin tidak hanya berbahaya, tetapi juga dapat memicu timbulnya perasaan kembung. Perubahan suhu di dalam tubuh Anda yang menjadi penyebabnya. Jadi mulai sekarang biasakanlah membuat minuman kopi yang hangat sebab rasanya juga lebih nikmat.
  1. Jangan Kebanyakan Meminum Kopi
Anda sudah mencoba kiat-kiat di atas tetapi masih sering merasa kembung setelah meminum kopi? Itu artinya Anda sudah terlalu banyak meminum kopi. Porsi kopi yang aman bagi setiap individu memang berbeda-beda. Mereka yang sudah terbiasa minum kopi pastinya baik-baik saja meskipun sudah menghabiskan beberapa gelas kopi. Tapi bagi Anda yang baru menyukai kopi sebaiknya membatasi jumlahnya.

0 Response to "5 Tips agar Tidak Kembung Setelah Minum Kopi"

Posting Komentar