Beda Kopi Luwak Arabika dan Kopi Luwak Robusta

Sebagai penikmat kopi tentunya Anda sudah mengetahui kalau ada banyak ragam dari kopi di dunia ini. Dua di antaranya adalah kopi arabika dan kopi robusta. Sebenarnya ada satu lagi jenis kopi yang kini mulai dilirik yaitu kopi liberika. Perlu Anda ketahui, semua kopi bisa dibuat menjadi kopi luwak. Baik itu kopi robusta, kopi arabika, maupun kopi liberika sama-sama dapat dijadikan sebagai kopi luwak. Menariknya masing-masing kopi tersebut memiliki ciri-ciri khusus.
Kalau di Indonesia sendiri, kopi luwak biasanya dibuat menggunakan buah kopi robusta. Tetapi tidak sedikit pula petani yang membuatnya dari buah kopi arabika. Untuk membuat kopi luwak sangatlah mudah. Anda hanya perlu memberikan buah kopi yang telah matang kepada luwak sebagai pakannya. Nantinya feses yang dikeluarkan oleh luwak tadi mengandung biji-biji kopi luwak yang setengah jadi. Diperlukan proses berikutnya untuk mengolahnya lebih lanjut.
kopi-luwak-arabika-robusta.jpg
Harga kopi luwak arabika rata-rata lebih mahal daripada kopi luwak robusta. Sifat eksklusif yang dimiliki oleh kopi arabika ini timbul karena jumlahnya sedikit dan rasanya pun lebih nikmat. Itu sebabnya, produk kopi luwak yang kerap dipalsukan ialah kopi luwak arabika. Penjual yang nakal akan menipu pembelinya dengan mengatakan kalau kopi luwak robusta yang dijualnya adalah kopi arabika supaya harganya naik. Anda sebagai orang awam bisa tertipu bila tidak hati-hati.
Walaupun wujudnya identik sekali, tetapi sebenarnya ada perbedaan antara bubuk kopi luwak robusta dengan bubuk kopi luwak arabika. Apa sajakah itu?
  1. Rasa
Rasa antara kopi luwak arabika dan kopi luwak robusta jelas sekali berbeda. Bahkan Anda pun dapat merasakannya sendiri secara langsung. Kopi luwak arabika memiliki dominasi rasa manis dan lembut. Ada sensasi seperti rasa buah-buahan di ujungnya. Rasa khas kopinya pun lebih kuat dan tajam. Berbeda dengan kopi luwak robusta yang mempunyai rasa mirip kacang-kacangan, gandum, cokelat, dan lebih pahit.
  1. Aroma
Secangkir kopi luwak arabika mempunyai aroma yang berbeda dengan secangkir kopi luwak robusta. Namun di sini dibutuhkan kejelian yang cukup tinggi sebab aroma keduanya cukup mirip. Kopi luwak arabika memiliki aroma yang wangi menyerupai campuran buah dan bunga. Sensasi harum-harum segar bisa langsung Anda hirup. Sedangkan aroma kopi luwak robusta mirip seperti cokelat dan lebih manis.
  1. Kekentalan
Tingkat kekentalan minuman kopi sebenarnya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tapi secara garis besar, jenis kopi yang digunakan mempunyai andil yang paling banyak. Kopi arabika memiliki rasa yang lebih kental saat berada di mulut. Rasanya lebih mild aliashalus. Hal ini berbeda dengan kopi luwak robusta yang memiliki tekstur lebih kasar daripada kopi luwak arabika sehingga tidak terlalu kental.

0 Response to "Beda Kopi Luwak Arabika dan Kopi Luwak Robusta"

Posting Komentar