Begini Proses Pembuatan Kopi Hijau yang Benar!

Bagaimana cara membuat kopi hijau yang benar? Minuman kopi telah berkembang dari cuma sekadar minuman penghilang rasa suntuk menjadi minuman yang termasuk sebagai bagian dari gaya hidup. Hal ini berkat cita rasa dan aroma minuman kopi yang sungguh nikmat serta tidak ada tandingannya. Bahkan kini minuman kopi pun sudah menjelma menjadi minuman yang dapat mendukung kesehatan manusia lewat kehadiran kopi hijau (green coffee). Lantas, apa sih kopi hijau ini sehingga digadang-gadangkan sebagai minuman kesehatan?
Pada dasarnya, kopi hijau (green coffee) dibuat dari biji kopi biasa. Teknik pengolahan kopi ini yang membuatnya berbeda dari kopi-kopi pada umumnya. Kopi hijau diproses tanpa melalui tahap roasting terlebih dahulu. Maklum karena kopi hijau ditemukan lebih dulu sebelum proses roasting diketahui. Hal ini lantas mengakibatkan kandungan nutrisi di dalam kopi hijau pun berbeda daripada kopi hitam kebanyakan. Kopi hijau mengandung lebih banyak antioksidan. Itulah kenapa kopi hijau diklaim sebagai minuman yang menyehatkan.
cara-membuat-kopi-hijau.jpg
Berikut ini cara membuat kopi hijau yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah!
  1. Mulailah dengan menyiapkan bahan baku berupa buah kopi yang segar. Anda bisa memetik buah-buah kopi yang telah matang dari pohonnya. Ciri-ciri buah kopi yang sudah matang di antaranya berwarna merah, aromanya semerbak, memiliki tekstur lebih empuk, dan mengandung lebih banyak air. Usahakan Anda hanya memakai buah kopi yang telah matang sempurna. Hindari menggunakan kopi yang kondisinya masih mentah atau setengah matang.
  2. Proses pengupasan kulit buah kopi bisa dilakukan menggunakan metode basah atau kering. Namun di sini kami lebih merekomendasikan proses basah supaya kandungan nutrisi di dalam buah kopi tetap terjaga. Buah kopi yang sudah dikumpulkan lantas dimasukkan ke dalam karung. Setelah itu, buah ini direndam dalam air untuk melunakkan lapisan kulit arinya. Barulah kemudian karung berisi buah kopi ini ditekan-tekan untuk mengupas kulit buah kopi.
  3. Biji-biji kopi selanjutnya dijemur di bawah terik matahari secara langsung. Tujuannya untuk mengeringkan biji dan sedikit mengurangi kadar air di dalamnya agar bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama. Proses penjemuran ini bisa memakan waktu antara 2-3 hari tergantung kondisi cuaca. Balikkan posisi biji kopi yang dijemur ini secara berkala agar keringnya merata. Tidak perlu terlalu lama dalam menjemur biji kopi sebab dapat mengakibatkan kandung nutrisi di dalamnya berkurang banyak.
  4. Beberapa orang ada yang langsung menyeduh biji kopi hijau yang telah jadi, tanpa melalui proses penggilingan terlebih dahulu. Tidak sedikit pula yang bahkan lebih memilih menumbuk biji kopi ini secara manual daripada menggilingnya menggunakan alat penggiling khusus. Namun di tempat asalnya, biji kopi hijau ini akan digiling terlebih dahulu sebelum diseduh. Proses penggilingan bertujuan untuk membuat nutrisi di dalam biji kopi bisa larut ke dalam air.
  5. Jangan bayangkan menyeduh kopi hijau itu sama dengan kopi hitam pada umumnya. Anda tidak bisa menyeduh kopi ini menggunakan air panas begitu saja. Kopi tersebut masih mentah jika diseduh dengan cara ini. Proses yang benar adalah Anda harus merebus kopi tersebut menggunakan air secukupnya. Rebuslah selama 10-15 menit memakai nyala api yang sedang hingga air rebusannya berkurang sampai setengah. Setelah itu, secangkir kopi hijau pun siap untuk disajikan.

0 Response to "Begini Proses Pembuatan Kopi Hijau yang Benar!"

Posting Komentar