Cara Mengatasi Perut Kembung Setelah Minum Kopi

Salah satu gangguan sistem pencernaan yang paling sering dialami setelah meminum kopi adalah perut kembung. Sebenarnya perut kembung terjadi karena gas menumpuk di dalam organ pencernaan Anda. Penyebabnya sendiri bermacam-macam seperti pada artikel yang sudah kami tulis sebelumnya. Kondisi perut yang kembung tentu terasa tidak nyaman. Perut Anda akan membesar dan terasa nyeri disertai sendawa terus-menerus.

Yap, perut kembung pada dasarnya dipicu oleh makanan atau minuman yang Anda konsumsi, dalam hal ini minuman kopi. Sebaiknya Anda mengatasi masalah tersebut secepatnya agar perut Anda menjadi nyaman kembali. Beberapa upaya dapat Anda lakukan guna mengatasi masalah yang satu ini. Namun kali ini, kami akan berbagai kiat-kiat alami untuk mengobatinya sehingga Anda bisa melakukan kebiasaan ini setiap selesai meminum kopi.

Kiat 1. Meminum Teh Peppermint

Mulai sekarang sebaiknya Anda juga membuat segelas teh peppermint ketika akan menyeduh kopi. Sebab teh peppermint ini sangat bagus untuk mengatasi rasa kembung. Teh peppermint mempunyai manfaat sebagai antipasmodik dan relaksasi. Sehingga teh ini bisa menghilangkan kontraksi otot dan perasaan kram di perut akibat kembung. Dengan meminum teh peppermint setelah meminum kopi, kembung Anda bakal langsung teratasi.

Kiat 2. Meminum Wedang Jahe

Jahe sering digunakan untuk membuat obat-obatan tradisional sebab khasiatnya memang baik untuk kesehatan. Jahe memiliki manfaat sebagai antiradang. Jahe pun mampu menghangatkan tubuh sehingga cepat mengatasi rasa kembung. Sajikan minuman wedang jahe di samping kopi Anda sebagai obat penawar. Selain itu, jahe juga bisa dihidangkan berupa makanan olahan seperti permen, kue, dodol, dan lain-lain.

Kiat 3. Mengonsumsi Yoghurt

Bahan makanan lain yang bisa berperan sebagai penawar rasa kembung Anda setelah minum kopi ialah yoghurt. Bahan makanan ini memiliki kandungan probiotik yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan saluran sistem pencernaan. Oleh sebab itu, Anda yang merasa kembung setelah meminum kopi sebaiknya mengonsumsi yoghurt. Yoghurt dapat mengurangi keluhan perut kembung serta mencegah sembelit.

Kiat 4. Lakukan Olahraga Ringan

Selain dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, Anda pun dapat mengatasi rasa kembung setelah meminum kopi dengan melakukan olahraga. Keringat yang keluar setelah Anda berolahraga akan merangsang perginya zat racun dan meningkatkan pergerakan usus yang dapat membantu metabolisme tubuh. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup lakukan stretching yang ringan saja hanya untuk mengeluarkan keringat.

Kiat 5. Jauhi Minuman Berkarbonasi

Ketika perut Anda merasa kembung, Anda sebaiknya menjauhi minuman berkarbonasi atau minuman bersoda untuk sementara waktu. Jangan meminum jenis minum-minuman tersebut terlebih dahulu sebab kandungan karbondioksida di dalamnya justru dapat membuat kondisi perut Anda semakin parah. Silakan Anda mengonsumsi minuman lain yang mampu bertindak sebagai obat perut kembung seperti teh peppermint dan wedang jahe.

0 Response to "Cara Mengatasi Perut Kembung Setelah Minum Kopi"

Posting Komentar