Cara Menggiling Biji Kopi Hijau dengan Benar

Bagaimana cara menggiling biji kopi hijau? Kopi hijau adalah minuman kopi untuk kesehatan. Kopi ini mengandung zat antioksidan dalam jumlah yang lebih banyak daripada kopi biasa. Anda bisa membeli kopi hijau di pasar swalayan, toko kesehatan, atau kafe terdekat. Pada umumnya, kopi hijau dijual dalam bentuk bubuk kopi yang telah siap untuk diseduh. Beberapa penjual ada pula yang menyediakan biji kopi hijau. Kami lebih menyarankan Anda membeli biji kopi hijau sebab kualitasnya benar-benar terjamin.
Tentu saja Anda perlu menggiling biji kopi tersebut terlebih dahulu sebelum menyeduhnya di atas kompor. Proses penggilingan ini bertujuan untuk mengubah biji kopi menjadi berwujud bubuk sehingga dapat diseduh. Anda bisa menggunakan alat bernama coffee grinder untuk menggiling biji kopi hijau. Alat ini bisa Anda beli di www.alatperabotan.com dengan harga yang sangat terjangkau. Biasanya ada 4 pilihan hasil gilingan yaitu sangat kasar, kasar, sedang, dan halus. Biji kopi hijau paling bagus digiling menjadi bubuk berukuran sedang.
menggiling-biji-kopi-hijau.jpg
Beberapa hal yang harus Anda pahami tentang ukuran bubuk kopi yaitu :
  • Bubuk kopi sangat kasar cocoknya untuk dibuat menjadi minuman es kopi.
  • Bubuk kopi kasar paling pas disajikan dengan gelas french press.
  • Bubuk kopi sedang bagusnya untuk teknik pembuatan kopi dengan drip pot.
  • Bubuk kopi halus sangat tepat dibuat menjadi kopi espresso dan kopi khas Turki.
Pada dasarnya, cara menggunakan coffee grinder untuk menggiling kopi hijau itu sama. Silakan Anda bisa mengikuti petunjuk di bawah ini!
  1. Siapkan biji kopi hijau yang hendak digiling. Sebaiknya Anda menggiling biji dalam jumlah yang memang akan disajikan pada saat itu juga. Kenapa? Sebab bubuk kopi yang didiamkan terlalu lama mengakibatkan rasa dan aromanya berkurang.
  2. Dalam sekali penyajian, Anda biasanya hanya membutuhkan sekitar 2 sendok makan biji kopi hijau. Hasil dari gilingan biji kopi tersebut akan berupa bubuk kopi yang siap diseduh menjadi segelas minuman kopi hijau yang cukup kental.
  3. Masukkan biji-biji kopi hijau tadi ke dalam gelas alat coffee grinder. Setelah itu, pasang gelas tersebut ke dalam mesin coffee grinder. Cek sekali lagi untuk memastikan posisi gelas sudah terpasang dengan benar.
  4. Gilinglah biji kopi hijau dengan menyalakan alat coffee grinder. Ikuti petunjuk dari produsen yang tertulis di dalam buku manualnya. Giling terus biji kopi tersebut hingga menjadi bubuk kopi dengan ukuran yang sesuai Anda inginkan.
  5. Bubuk kopi hijau yang sudah jadi lantas bisa Anda seduh. Hindari menyeduhnya hanya dengan air panas sebab kopi tersebut masih mentah. Kami sarankan Anda merebus bubuk kopi hijau ini selama 5-10 menit.
Apabila Anda tidak mempunyai coffee grinder, Anda tetap bisa menggiling biji kopi hijau secara tradisional menggunakan cobek atau alu. Anda hanya perlu menumbuk biji-biji kopi tersebut hingga menjadi bubuk kopi yang ukurannya pas. Alternatif lainnya bisa pula menggunakan blender yang biasa Anda pakai untuk membuat minuman jus buah. Sayangnya blender akan membuat bubuk kopi yang ukurannya sangat halus sehingga rasa pahitnya lebih terasa. Jadi bagaimana pun coffee grinder merupakan alat yang paling tepat untuk menggiling biji kopi hijau.

0 Response to "Cara Menggiling Biji Kopi Hijau dengan Benar"

Posting Komentar