Cara Mengurangi Keasaman Minuman Kopi

Bagaimana cara mengurangi keasaman minuman kopi? Salah satu minuman yang mempunyai penggemar paling banyak di dunia adalah kopi. Kopi memang memiliki cita rasa dan aroma yang sungguh nikmat. Sayangnya tidak sedikit orang yang bermasalah dengan cita rasa kopi yang terasa asam, khususnya pada kopi arabika. Ada yang bilang kalau kopi yang bagus itu harus asam. Namun ini tidak sepenuhnya benar.
Kopi arabika mempunyai kekhasan pada rasa asam yang dimilikinya lebih kuat dibandingkan dengan kopi robusta. Rasa asam ini sangat tajam dan identik sekali dengan kopi arabika. Tetapi beberapa orang tak menyukai rasa asam tersebut. Mungkin Anda pun termasuk salah satunya? Rasa asam pada minuman kopi ini membuat beberapa orang menjadi tidak suka kopi lagi. Padahal Anda bisa kok mengurangi rasa asamnya.
cara-mengurangi-keasaman-kopi.jpg
Berikut ini tata cara untuk mengurangi rasa asam pada minuman kopi, yaitu :
Beli Biji Kopi yang Berkualitas Tinggi
Kualitas biji kopi sangat menentukan kandungan kafein dan sifat keasaman yang dimilikinya. Oleh karena itu, Anda harus jeli dalam memilih biji kopi yang berkualitas tinggi. Belilah biji kopi yang dipetik pada saat buahnya dalam kondisi yang matang. Buah kopi yang sudah matang ini mempunyai rasa manis yang lebih kuat dengan rasa asam yang lebih rendah. Silakan Anda bisa membelinya secara online di www.tokotanaman.com.
Kopi yang Ditanam di Ketinggian Sedang
Ternyata tempat budidaya tanaman kopi juga akan mempengaruhi karakteristik dan sifat buah kopi yang dihasilkannya. Umumnya semakin tinggi lokasi penanaman kopi mengakibatkan rasa buahnya lebih asam. Sedangkan kopi yang ditanam di dataran rendah memiliki rasa manis yang kurang. Biji kopi yang berkualitas terbaik bisa diperoleh dari lahan yang berada pada ketinggian sedang. Secara alami, biji ini mengandung asam yang lebih rendah.
Kopi yang Ditanam di Daerah Tertentu
Di samping dari ketinggian lokasinya, tempat penanaman kopi berpengaruh besar terhadap kandungan kafein dan asam di dalamnya. Kopi yang dihasilkan beberapa daerah terkenal memiliki sifat asam yang lebih rendah daripada kopi-kopi lainnya. Contoh-contoh kopi yang mempunyai kadar asam tidak terlalu tinggi asal dari Indonesia yaitu kopi Sumatera dan kopi Timor. Sedangkan untuk kopi impor antara lain kopi dari India, Brazil, Hawai, dan Karibia.
Masak hingga Matang dengan Sempurna
Minuman kopi dibuat dari biji kopi yang diproses terlebih dahulu melalui rangkaian yang cukup panjang. Salah satunya penggorengan untuk memasak biji kopi yang mentah menjadi matang. Setiap tingkat kematangan kopi menentukan sifat dan karakteristiknya. Apabila Anda ingin kopi yang tidak mengandung rasa asam, masaklah biji tersebut pada level moderately-dark atau dark-roasted cofee. Biji kopi dimasak hingga benar-benar matang dan berwarna hitam.
Kopi yang Telah Dikurangi Kadar Asamnya
Kemajuan teknologi memungkinkan kita dapat melakukan suatu pekerjaan yang belum pernah terpikirkan serta dianggap mustahil sebelumnya. Salah satunya adalah proses yang bertujuan untuk mengurangi kadar asam pada kopi. Secara prinsip, keseluruhan prosesnya mirip seperti proses dekafeinisasi. Proses ini juga akan menyebabkan kualitas kopi sedikit menurun. Tetapi sayangnya sulit untuk menemukan kopi jenis ini di Indonesia.

0 Response to "Cara Mengurangi Keasaman Minuman Kopi"

Posting Komentar