Cara Menyeduh Kopi Hijau yang Benar

Bagaimana cara menyeduh kopi hijau yang benar? Selain kopi hitam dan kopi putih, sekarang dikenal pula kopi hijau. Kopi hijau pada dasarnya merupakan kopi yang masih mentah karena tidak melalui tahap pemanggangan (roasting) terlebih dahulu. Setelah lapisan kulit air dikupas, biji kopi lantas dijemur hingga kering lalu siap untuk diseduh. Proses pembuatan yang demikian membuat kandungan nutrisi di dalam kopi hijau tetap terjaga dengan baik.

Perbedaan antara kopi hijau dengan kopi hitam dan kopi putih tidak hanya terletak pada warna dan proses pembuatannya saja, bahkan cara menyeduh kopi ini pun berbeda. Boleh dibilang untuk menyeduh kopi hijau kurang lebih prosesnya seperti membuat jamu tradisional. Di sini kita harus menggiling biji kopi tadi terlebih dahulu sehingga wujudnya berubah menjadi bubuk. Setelah itu, bubuk kopi hijau ini bisa direbus menggunakan air secukupnya.

cara-menyeduh-kopi-hijau.jpg

Kali ini kami akan berusaha memandu Anda untuk menyeduh kopi hijau secara tepat agar rasanya tetap nikmat tanpa membuat kandungan nutrisi di dalamnya banyak berkurang.

Alat dan Bahan :

  • Kopi hijau
  • Air putih
  • Panci
  • Kompor
  • Lemon
  • Madu

Langkah-langkah :

  1. Siapkan segelas air putih sebanyak 400 ml.
  2. Tuangkan air ke dalam panci, lalu rebus di atas kompor.
  3. Setelah air mendidih, masukkan bubuk kopi hijau sebanyak 1 sendok makan.
  4. Lanjutkan merebus air selama 10-15 menit hingga volume air berkurang setengahnya.
  5. Pindahkan air rebusan kopi hijau ke dalam gelas.
  6. Untuk menambah rasa dan aromanya, Anda bisa menambahkan lemon dan madu.
  7. Lekaslah minum kopi hijau ini setelah suhunya cukup hangat.
  8. Sebaiknya seduhlah kopi hijau sebanyak satu kali penyajian

Kopi hijau pada hakikatnya merupakan minuman kesehatan. Jadi Anda harus memaksimalkan manfaat dan khasiat dari kopi tersebut dibandingkan dengan kenikmatannya sendiri. Memang benar kalau cita rasa dan aroma kopi hijau ini tidak senikmat kopi hitam, tetapi manfaat yang dimilikinya bagi kesehatan sungguh luar biasa. Kopi hijau dapat menurunkan berat badan, melancarkan aliran darah, serta meningkatkan sistem metabolisme.

0 Response to "Cara Menyeduh Kopi Hijau yang Benar"

Posting Komentar