Efek Samping Kopi Hijau yang Harus Anda Pahami

Apakah efek samping kopi hijau bagi tubuh kita? Kopi hijau pada hakikatnya tidak berbeda jauh dengan kopi hitam yang biasa kita minum. Bedanya kopi ini tak melalui proses pemanggangan sehingga mengandung asam klorogenat yang lebih tinggi. Jadi efek samping yang dapat ditimbulkan oleh kopi hijau ini juga mirip seperti kopi hitam. Anda yang sebelumnya sering bermasalah dengan kopi hitam tidak dianjurkan meminum kopi hijau. Anda pun tidak boleh meminum kopi ini secara berlebihan hanya untuk mendapatkan manfaat sebanyak-banyaknya.
Memang benar segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Kopi hijau akan mendatangkan manfaat yang positif apabila diminum dalam dosis yang tepat. Dosis maksimalnya adalah 480 mg/hari selama 12 minggu berturut-turut. Sedangkan untuk dosis maksimal ekstrak kopi hijau ialah 200 mg sebanyak 5 kali sehari dalam 12 minggu berturut-turut. Terlalu banyak meminum kopi hijau akan mendatangkan efek samping terkait kandung kafein di dalamnya. Yap, kopi hijau juga tetap mengandung kafein yang jumlahnya tidak terlalu jauh dari kopi hitam.
efek-samping-kopi-hijau.jpg
Kopi hijau perlu dikonsumsi secara bijaksana serta penuh pertimbangan dan kewaspadaan. Apalagi jika Anda menderita penyakit atau kondisi tertentu. Dilarang keras mengonsumsi kopi hijau apabila Anda termasuk penderita gangguan kecemasan, gangguan perdarahan, kolesterol tinggi, osteoporosis, tingkat homosistein yang tinggi, diare, diabetes, glaukoma, dan sindrom iritasi usus. Konsumsi kopi hijau akan semakin memperburuk kondisi Anda apabila menderita penyakit-penyakit yang telah kami sebutkan di atas.
Selain itu, Anda juga perlu waspada terhadap kafein yang terkandung di dalam kopi hijau. Kafein ini bisa menyebabkan timbulnya perasaan gugup dan gelisah, insomnia, sakit perut, mual dan muntah, sulit bernapas, meningkatkan detak jantung, serta efek samping yang lainnya. Bahkan rutin mengonsumsi kopi hijau dalam jumlah yang cukup banyak juga akan menyebabkan Anda mengalami sakit kepala, detak jantung tidak teratur, telinga berdenging, gangguan kecemasan, dan perasaan gelisah.
Berdasarkan berbagai penelitian yang sudah dilakukan, sebenarnya kopi hijau tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Namun dengan catatan Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat, tidak berlebihan, dan jangan terlalu sering. Malahan minuman kopi ini mempunyai kandungan antioksidan yang lebih banyak daripada kopi hitam. Antioksidan inilah yang bermanfaat untuk meluruhkan lemak di dalam tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit. Biji kopi hijau bisa disebut alternatif suplemen yang bagus untuk membantu program diet Anda.

0 Response to "Efek Samping Kopi Hijau yang Harus Anda Pahami"

Posting Komentar