Cara Membuat Kopi Arab untuk Buka Puasa

Bagaimana sih caranya membuat kopi arab? Anda mungkin penasaran dengan resep kopi yang satu ini. Kopi arab memang menawarkan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan kopi-kopi yang biasa kita minum. Kopi ini juga bisa Anda nikmati untuk menu berbuka puasa. Buka puasa dengan minuman yang manis mungkin sudah biasa, tetapi bagi Anda pencinta kopi, berbukalah dengan minuman kopi yang nikmat.
Minuman kopi arab sendiri terbuat dari kopi arabika yang dicampur dengan rempah-rempah khas arab. Beberapa yang biasa ditambahkan yaitu jahe, cengkih, kayu manis, kapulaga, buah jeruk wangi, dan daun pandan. Itulah sebabnya, kopi arab mempunyai aroma yang lebih kuat. Khasiat yang dimilikinya juga sangat efektif untuk membuat tubuh merasa bugar kembali. Paling cocok meminum kopi arab ditemani buah kurma.
cara-membuat-kopi-arab.jpg
Berikut ini resep untuk membuat kopi arab yang bisa Anda coba sendiri.
Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • 1 kg biji kopi arabika
  • 1 kg jahe emprit
  • 1 batang kayu manis
  • 1 buah jeruk wangi
  • 2 lembar daun pandan
  • 10 butir cengkih
  • 25 butir kapulaga
Cara membuatnya :
  1. Sangrailah biji kopi arabika di wajan panas hingga warnanya berubah menjadi merah kecokelatan. Kurang lebih waktunya adalah 40 menit. Usahakan jangan terlalu gosong.
  2. Irislah jahe dengan ukuran yang tipis. Lalu jemur di bawah terik matahari selama 2-3 hari. Kemudian irisan jahe ini disangrai secara terpisah hingga matang dan warnanya menjadi cokelat muda.
  3. Sangrailah cengkih dan kayu manis secara bersama sampai matang. Waktu yang dibutuhkan untuk menyangrai cengkih dan kayu manis ini sekitar 20 menit.
  4. Kupaslah kapulaga untuk diambil biji dan kulitnya.
  5. Setelah semua bahan di atas sudah siap, Anda bisa mencampurkannya. Jangan lupa untuk mengaduknya agar bahan-bahan ini tercampur rata.
  6. Untuk menyajikannya, Anda bisa memakai 1 sendok makan kopi arab yang ditambahi 2 sendok makan gula. Lalu seduhlah menggunakan air panas.
Kini kopi arab buatan Anda sendiri pun siap untuk dinikmati. Ingat, minum kopi saat berbuka puasa sebaiknya dilakukan setelah menyantap nasi dan lauk pauk ya.

0 Response to "Cara Membuat Kopi Arab untuk Buka Puasa"

Posting Komentar