Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Menyeduh Kopi

Faktanya tidak mudah membuat kopi yang memiliki cita rasa dan aroma yang nikmat. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya ialah proses penyeduhan kopi tersebut. Namun kendati ada banyak hal yang wajib diperhatikan saat meracik kopi, sampai saat ini tidak ada ketentuan baku yang mengaturnya. Semuanya tergantung pada selera masing-masing orang yang akan meminum minuman kopi.
Pada hakikatnya memang setiap individu mempunyai selera masing-masing soal kopi yang lebih disukainya. Anda mungkin suka dengan kopi yang karakteristiknya seperti ini. Sedangkan teman Anda lebih menyukai kopi yang seperti itu. Hal ini bukanlah sebuah masalah yang besar. Tetapi untuk mendapatkan kopi yang memiliki cita rasa dan aroma terbaik, Anda harus tetap memperhatikan proses penyeduhannya yang benar.
proses-menyeduh-kopi.jpg
Ada tiga faktor yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin meracik kopi yaitu :
  1. Perbandingan antara Kopi dan Air
Perbandingan antara kopi dan air yang digunakan pada proses penyeduhan minuman kopi dikenal dengan istilah rasio kopi. Banyaknya jumlah kopi atau air yang digunakan pada suatu waktu akan mempengaruhi karakteristiknya. Minuman kopi yang pekat bisa dihasilkan dengan menggunakan rasio air yang lebih kecil. Sebaliknya pemakaian rasio air yang lebih tinggi akan menghasilkan kopi yang tak begitu pekat.
  1. Jenis Air yang Ditambahkan
Air yang mempunyai pH netral paling bagus digunakan untuk menyeduh kopi. Air ini tidak akan mempengaruhi rasa dan aroma sehingga identitas kopi yang sesungguhnya bakal keluar. Semakin rendah pH air, maka semakin clean pula rasa kopinya. Artinya rasa asli kopi bakal keluar dan tidak terpengaruh apapun. Sebaiknya gunakan air dari pegunungan yang bersih dan bebas kaporit.
  1. Suhu Air yang Digunakan
Tidak selamanya kopi akan terasa lebih nikmat apabila diseduh menggunakan air yang baru mendidih. Suhu air yang digunakan perlu disesuaikan dengan ukuran bubuk kopi yang diseduh sebab mempengaruhi tingkat kelarutan kopi. Bubuk kopi yang kasar membutuhkan air yang bersuhu tinggi. Di sisi lain, semakin halus bubuk kopi yang diseduh, maka suhu air yang diperlukan lebih rendah.
Para pencinta kopi biasanya lebih suka menikmati minuman kopi murni tanpa tambahan gula, susu, atau krim. Sebab dengan cara penyajian seperti inilah cita rasa dan aroma kopi yang sesungguhnya akan keluar. Gula justru dapat mengurangi cita rasa kopi. Bahkan penambahan gula pada minuman kopi arabika malah akan memicu timbulnya rasa asam yang tinggi. Tetapi jika Anda tetap ingin menambahkan gula ke dalam minuman kopi, masukkan gula tersebut setelah kopi selesai diseduh. Cara ini akan memaksimalkan rasa kopi tersebut.

0 Response to "Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Menyeduh Kopi"

Posting Komentar