Ini Penyebab Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi

Kami yakin Anda pasti pernah merasakan jantung yang berdebar-debar setelah meminum kopi. Lantas penyebab sebenarnya apa sih? National Institutes of Health mendefinisikan jantung yang berdebar-debar (palpitasi jantung) adalah sensasi detak jantung yang berdenyut lebih cepat daripada biasanya. Kondisi ini membuat jantung akan memompa darah secara tidak teratur. Faktanya kopi menjadi salah satu penyebab jantung berdebar.
Mengapa minuman kopi bisa membuat jantung berdebar? Jawabannya karena kopi memiliki kandungan kafein yang merupakan stimulan alami bagi tubuh. Ketika kita memasukkan kafein ke tubuh, maka akan terjadi rangsangan terhadap sistem saraf pusat. Rangsangan tersebut menimbulkan beberapa reaksi di antaranya kewaspadaan meningkat, gugup, sakit kepala, pusing, dan jantung yang berdebar-debar.
penyebab-kopi-jantung-berdebar.jpg
Setiap orang pasti akan memberikan reaksi terhadap kafein yang masuk ke tubuhnya, tetapi caranya yang berbeda. Hal inilah yang membuat beberapa orang merasa tidak apa-apa setelah meminum kopi, sedangkan orang lainnya akan mengalami efek samping setelah meminum kopi yang sama. Kondisi ini biasanya tergantung frekuensi Anda mengonsumsi kafein. Anda yang jarang meminum kopi pasti akan cepat merasakan efek sampingnya.
Kandungan kafein pada minuman kopi dapat menyebabkan jantung berdebar (palpitasi jantung) sebab zat ini mampu merangsang sistem saraf pusat. American Heart Association menerangkan bahwa walaupun jantung kita pada dasarnya mempunyai ritme detakan yang teratur, tetapi rangsangan yang diterima oleh sistem saraf pusat sanggup mengubah ritme tersebut. Inilah faktor utama yang menjadi penyebabnya.
Namun Anda tidak perlu khawatir terhadap efek samping dari minuman kopi. Kendati zat kafein yang tersimpan di dalam kopi bis mengakibatkan jantung berdetak lebih cepat daripada biasanya, tetapi kondisi ini tidak sampai ke situasi yang membahayakan kesehatan. Dibutuhkan lebih dari 80 cangkir minuman kopi per hari baru bisa dikategorikan mematikan. Artinya kopi bukanlah minuman berbahaya meskipun dapat menyebabkan palpitasi jantung.
Justru minuman kopi yang dikonsumsi dalam dosis yang wajar mempunyai manfaat yang bagus bagi kesehatan. Rutin meminum 1-3 cangkir minuman kopi per hari memiliki efek mencegah dari beberapa penyakit. Manfaat yang lainnya yaitu menurunkan risiko diabetes, batu empedu, dan kanker usus besar. Minuman kopi juga diketahui mempunyai efek perlindungan terhadap penyakit hati dan penyakit parkinson.

0 Response to "Ini Penyebab Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi"

Posting Komentar