Jenis-jenis Minuman Kopi di Cafe, Apa Saja?

Tidak dipungkiri kalau minuman kopi mampu merambah semua kalangan. Dari masyarakat desa hingga masyarakat perkotaan sangat menyukai minuman yang memiliki cita rasa pahit ini. Salah satu penyebabnya ialah kopi merupakan minuman yang nikmat dan berkhasiat. Kopi sanggup membuat kita merasakan betapa nikmatnya hidup di dunia ini. Kita bisa berkumpul dan nongkrong bareng bersama dengan teman-teman hanya dengan bermodalkan segelas kopi. Kopi juga telah terbukti bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan.
Kita bisa menikmati segelas kopi di warung kopi pinggir jalan hingga cafe-cafe. Pilih yang mana terserah Anda karena pada hakikatnya warung kopi dan cafe adalah sama. Keduanya sama-sama menyediakan minuman kopi sebagai menu utamanya. Namun tidak terbantahkan kalau variasi minuman kopi yang disajikan oleh cafe jauh lebih beragam daripada warung kopi. Ada berbagai bahan tambahan yang sering digunakan di cafe untuk membuat minuman kopi. Dari sinilah tercipta minuman kopi baru yang memiliki rasa dan aroma yang berbeda.
jenis-minuman-kopi-di-cafe.jpg
Adapun jenis-jenis minuman kopi yang biasa ada di cafe antara lain :
  1. Espresso
Espresso adalah minuman kopi yang paling dasar. Ini merupakan minuman kopi yang biasa dibuat menjadi minuman lainnya. Walaupun begitu, espresso juga bisa langsung diminum. Espresso memiliki rasa yang paling pahit dan lumrahnya diminum tanpa gula. Bahan dasar untuk membuat espresso hanyalah kopi dan air. Dibutuhkan mesin khusus untuk membuat espresso yang murni dan nikmat. Beberapa orang biasanya menyebut espresso dengan istilah short black.
  1. Americano
Americano kurang lebih sama seperti espresso. Bahan baku untuk membuatnya hanya terdiri dari kopi dan air. Tetapi americano memiliki rasa yang tidak terlalu pahit seperti halnya espresso. Rasa pahit americano masih bisa diterima oleh lidah kebanyakan orang yang awam terhadap kopi. Penyebabnya ialah jenis bubuk kopi yang digunakan dan perbandingan komposisi bahannya pun berbeda. Americano dikenal pula dengan istilah long black.
  1. Cappucinno
Cappucinno terbuat dari campuran antara espresso, susu, dan buih susu (milk foam). Buih susu ini berbeda dari susu biasa ya karena dibutuhkan proses khusus untuk membuatnya. Kami sudah pernah mengajarkan cara membuat milk foam di sini. Tidak sedikit para peminum kopi pemula yang memesan cappucinno sebab rasanya yang ringan dan tidak terlalu dominan rasa kopi. Hal ini dikarenakan komposisi kopi yang dimasukkan tidak terlalu banyak.
  1. Mocha Latte
Variasi minuman kopi yang lainnya adalah mocha latte. Untuk membuat mocha latte, Anda bisa mencampurkan antara espresso, susu, dan cokelat. Kami juga sudah pernah berbagi resep pembuatan mocha latte ya. Mocha latte tergolong sebagai minuman kopi yang memiliki rasa paling kompleks. Di dalamnya terasa perpaduan antara rasa pahitnya kopi, manisnya cokelat, serta gurihnya susu.
  1. Caffe Latte
Kalau Anda bertanya apa sih minuman kopi yang paling difavoritkan oleh pengunjung cafe? Maka jawabannya ialah caffe latte. Caffe latte atau biasa disebut latte adalah minuman kopi yang berbahan dasar espresso dan susu. Perbedaannya dari cappucinno yaitu caffe latte menggunakan perbandingan espresso yang lebih banyak daripada susu. Jadi rasa kopinya lebih dominan di sini. Selain itu, caffe latte juga selalu disajikan secara atraktif dengan hiasan gambar tertentu di permukaannya.
  1. Machiato
Machiato merupakan variasi lain dari caffe latte. Jika caffe latte menggunakan bahan dasar espresso dan susu, berbeda dengan machiato yang memakai campuran espresso dan buih susu. Buih susu (milk foam) mempunyai rasa dan tekstur yang berbeda dari susu. Oleh sebab itu, rasa machiato pun berbeda dari caffe latte. Machiato mempunyai rasa yang lebih gurih dengan tekstur minuman yang cukup kental.
  1. Affogato
Mau coba variasi minuman kopi lain yang lebih unik? Atau minuman kopi yang terasa dingin? Salah satunya Anda bisa mencoba affogato. Minuman kopi ini cukup sering ada di cafe. Affogato adalah minuman kopi yang dicampur es krim. Dalam penyajiannya, satu scoop besar es krim dimasukkan terlebih dahulu ke dalam gelas. Kemudian tambahkan espresso ke dalamnya. Manisnya es krim mampu membuat rasa pahit espresso bisa sedikit ternetralisir.

0 Response to "Jenis-jenis Minuman Kopi di Cafe, Apa Saja?"

Posting Komentar