Membuat Minuman Kopi Tubruk Khas Indonesia

Sebagian besar orang-orang di seluruh dunia menyukai minuman kopi. Alasannya tidak hanya karena minuman ini memiliki cita rasa dan aroma yang mantap, tetapi kopi juga mempunyai manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan. Lebih-lebih kini juga sudah banyak tersedia aneka varian minuman kopi dengan berbagai topping. Dari mulai kopi hitam yang dibuat nan kental sampai kopi dengan tambahan gula, susu, cokelat, atau kayu manis.
Tahukah Anda, nenek moyang kita juga suka sekali meminum minuman kopi. Bahkan minuman yang terasa pahit ini sudah akrab menemani aktivitas sehari-hari. Terutama pada malam hari, kopi seperti sudah menjadi media untuk saling mengakrabkan diri dengan orang lain. Kurang lengkap rasanya jika berkumpul tanpa adanya minuman kopi yang menemani. Hingga pada akhirnya kopi pun menjelma sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita.
cara-membuat-kopi-tubruk.jpg
Indonesia memang dikenal sebagai salah satu produsen kopi terbaik dan terbesar di dunia. Kebanyakan kopi yang ditanam oleh petani kita berjenis kopi robusta, sebagiannya lagi kopi arabika dan kopi liberika. Selain digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, kopi-kopi tersebut juga diekspor ke mancanegara. Bahkan kopi luwak khas negara kita saat ini memegang predikat sebagai kopi yang paling mahal di dunia.
Indonesia juga mempunyai minuman khas yang berbahan dasar kopi bernama kopi tubruk. Kopi ini sendiri berasal dari daerah jawa, khususnya Yogyakarta. Minuman kopi tubruk pada hakikatnya merupakan minuman kopi yang langsung diseduh begitu saja. Kopi ini diminum bersama ampasnya. Dari sinilah rasa dan aroma kenikmatan dari kopi bisa lebih dimunculkan. Kopi tubruk menggunakan bubuk kopi yang digiling dengan ukuran yang kasar.
Anda yang kepingin mencoba nikmatnya kopi tubruk bisa membuatnya sendiri di rumah. Silakan ikuti panduan berikut ini dengan baik!
Bahan-bahan :
  • Kopi bubuk
  • Air panas
  • Gula pasir (opsional)
Cara membuat :
  1. Kami ingatkan sekali lagi bahwa Anda harus menggunakan bubuk kopi yang berukuran kasar kalau ingin membuat kopi tubruk.
  2. Masukkan bubuk kopi sebanyak 1 sendok makan atau sesuai selera ke dalam gelas.
  3. Rebuslah air sampai mendidih. Diamkan air tersebut selama 1-2 menit agar suhunya menurun hingga 89-92 derajat celsius.
  4. Tuangkan air ke dalam gelas sampai terisi penuh. Tunggu selama 15-30 detik. Lalu aduk supaya bubuk kopi terlarut dengan air.
  5. Tambahkan gula secukupnya bila suka. Lantas kopi pun telah siap untuk disajikan.
Cara meminum minuman kopi tubruk yang benar adalah Anda harus menyeruputnya sedikit demi sedikit. Usahakan ampas bubuk kopinya jangan sampai ikut terminum ya karena rasanya pasti akan pahit di lidah. Dilarang keras menyaring kopi terlebih dahulu dengan maksud untuk memisahkan ampas dari air sarinya. Kopi tubruk tanpa ampas bubuk kopi namanya bukanlah kopi tubruk. Meskipun cara minumnya agak merepotkan justru di sinilah salah satu letak kenikmatan dari minuman kopi tubruk ini. Jadi, selamat menikmati kopi tubruk!

0 Response to "Membuat Minuman Kopi Tubruk Khas Indonesia"

Posting Komentar