Nih, 4 Tips Aman Minum Kopi Setiap Pagi

Sudah bukan rahasia lagi kalau minuman kopi itu memiliki rasa yang sangat nikmat. Aromanya juga mampu membuat tubuh kita merasa lebih rileks. Selain itu, minuman kopi juga memiliki beberapa manfaat yang bagus untuk mendukung kesehatan tubuh kita. Jadilah minuman kopi mempunyai penggemar yang begitu banyak. Bahkan minuman ini menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia sejak dulu kala.
Biasanya orang-orang akan meminum kopi setelah bangun tidur di pagi hari. Meminum kopi saat bangun tidur dipercaya mampu meningkatkan semangat hidup. Tetapi ternyata bangun tidur bukanlah waktu yang tepat buat menikmati secangkir kopi. Hal ini dikarenakan produksi kortisol di dalam tubuh Anda sedang berada pada kuantitas puncak pada masa tersebut. Kortisol sendiri dianggap sebagai salah satu hormon stres.
tips-minum-kopi-pagi.jpg
Ketika Anda mengonsumsi kopi yang mengandung kafein saat tubuh berada dalam kondisi kortisol yang tinggi akibatnya produksi kortisol tersebut menurun. Hal ini menyebabkan manfaat yang seharusnya didapatkan dari kafein justru tidak ada karena telah digunakan untuk melawan kortisol. Jika kondisi ini terus dilakukan justru akan mengembangkan toleransi Anda terhadap kopi atau meningkatkan kecanduan Anda terhadap kafein.
Agar minum kopi setiap pagi menjadi aman, ada baiknya Anda mengikuti kiat-kiat di bawah ini!
Kiat 1. Tunggu Minimal Satu Jam
Sangat tidak disarankan Anda langsung meminum kopi setelah bangun tidur. Ada baiknya Anda menunggu waktu minimal selama 1 jam terlebih dahulu sebelum siap mengawali hari dengan secangkir kopi. Jangan langsung bernafsu untuk mengonsumsi kopi setelah Anda terbangun. Selama waktu tunggu tersebut, Anda bisa membersihkan kamar tidur, mandi, dan menyiapkan semua berkas. Sesaat sebelum berangkat kerja, Anda bisa meminum kopi.
Kiat 2. Ubah ke Siang atau Sore
Meminum kopi di pagi hari itu sebenarnya tidak baik karena efek samping yang timbul lebih banyak daripada manfaat yang didapatkan Anda. Sebaiknya Anda menghindari kebiasaan meminum kopi di pagi hari. Sebagai gantinya, ubahlah kebiasaan tersebut menjadi di siang atau sore hari. Meminum kopi saat siang atau sore terbukti mampu meningkatkan stamina tubuh Anda yang berdampak positif terhadap produktivitas pekerjaan. Selain itu, hormon kortisol juga belum mencapai puncak produksinya pada jam-jam tersebut.
Kiat 3. Makan Sarapan Terlebih Dahulu
Penyebab lainnya kenapa meminum kopi di pagi hari akan berdampak buruk bagi kesehatan adalah kondisi perut Anda sedang kosong. Kopi telah terbukti dapat merangsang produksi asam di dalam lambung. Hal ini membuat tingkat keasaman perut Anda akan meningkat setelah meminum kopi. Asam lambung yang meningkat akan merusak lapisan lambung setelah paparan berulang-ulang kali. Untuk mencegahnya, disarankan mengonsumsi makan berat dulu sebelum meminum kopi.
Kiat 4. Tambahkan Susu atau Mentega
Anda mungkin termasuk orang yang tidak suka sarapan di pagi hari? Tetapi di sisi lain Anda tetap bersikukuh ingin meminum kopi setiap pagi. Sebagai solusinya, Anda bisa menambahkan susu atau mentega sebanyak satu sendok makan ke dalam minuman kopi hitam yang telah dibuat. Penambahan susu atau mentega ini dimaksudkan untuk mengurangi efek buruk yang bisa dimunculkan oleh kafein pada perut yang kondisinya kosong. Selain itu, Anda juga akan memperoleh asupan vitamin dan nutrisi yang lebih baik jika menambahkan bahan makanan ini.

0 Response to "Nih, 4 Tips Aman Minum Kopi Setiap Pagi"

Posting Komentar